Mohon tunggu...
Shella WulanAyu
Shella WulanAyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Shellawulan

Hi You :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Mandiri UM Tingkatkan Optimalisasi Strategi Marketing pada UMKM Shingkara Banjararum

20 Juli 2021   16:50 Diperbarui: 20 Juli 2021   16:52 46 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Mandiri UM Tingkatkan Optimalisasi Strategi Marketing pada UMKM Shingkara Banjararum
Foto: Dokumentasi Pribadi

Banjararum -- Sabtu (10/7/2021) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Banjararum 2021 mengadakan pelatihan strategi marketing khususnya bidang digital marketing dengan memberikan wawasan secara mendalam mengenai pemasaran secara digital untuk kebutuhan promosi bagi para pelaku UMKM Shingkara di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri sebanyak 7 pelaku UMKM Shingkara yang memasarkan beberapa produk berupa olahan sambal, kripik pisang, dan masih banyak lagi.

Sebagai bentuk peduli terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi COVID 19 ini, kami menyediakan handsanitizer dan mewajibkan para tamu undangan untuk selalu menggunakan masker. Serta, para tamu undangan dipersilahkan oleh panitia untuk mengisi daftar hadir dan menerima konsumsi yang telah disediakan oleh panitia mahasiswa KKN Mandiri.

Pada pelatihan tersebut, KKN Mandiri Banjararum membantu para pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi berupa smartphone dan internet agar produk yang mereka tawarkan dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Terdapat dua materi pada pelatihan tersebut, Materi pelatihan pertama berupa pengenalan terhadap sosial media dan marketplace yang dapat dijadikan sebagai platform dalam memasarkan produk para pelaku UMKM Shingkara yang meliputi Aplikasi Shopee, Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Materi selanjutnya adalah pelatihan dalam pembuatan flyer yang menarik dengan menggunakan Aplikasi Canva. Dimana, flyer tersebut dibagikan di media cetak maupun media online seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Pembuatan flyer yang menarik ini diharapkan dapat menarik perhatian para konsumen sehingga dapat tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan oleh para pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM Shingkara di Desa Banjararum sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini, Karena mereka menyadari pentingnya dalam mengenal dan mempelajari dunia promosi terutama digital marketing. Kegiatan ini juga direspon baik oleh ketua UMKM Shingkara di Banjararum karena dengan adanya kegiatan ini dapat semakin memotivasi para pelaku UMKM untuk memaksimalkan promosi produk yang mereka tawarkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x