Mohon tunggu...
Shelina Adyah
Shelina Adyah Mohon Tunggu... masih belajar menulis

Mahasiswa PWK UNEJ 2018

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mengapa Kalimantan Merupakan Kandidat Terbaik Ibu Kota Baru?

12 September 2019   22:41 Diperbarui: 12 September 2019   22:52 52 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia bukanlah negara pertama yang mengalih lokasikan ibukotanya. Beberapa negara telah mengubah ibukota mereka seperti negara Brazil, Malaysia, Jepang dan lain-lain. Melihat negara-negara lain sukses dalam pemindahan ibukota mereka, Indonesia mulai berinisiasi untuk memindahkan ibukotanya menjelang kondisi Jakarta yang tidak bisa menampung aktivitas lagi akibat dari . 

Dalam perundingannya, terdapat usulan untuk memindahkan ibukota ke luar pulau Jawa. Melalui rapat terbatas pemerintah pada tanggal 29 April 2019, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. 

Pemindahan ibu kota ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Dari semua kandidat calon Ibukota baru, pulau Kalimantan Timur dianggap sebagai kandidat yang paling sumbut cocok dengan keinginan dan visi perencanaan pemerintah Indonesia. 

Pulau Kalimantan ini jauh dari daerah batas konvergen tektonik, artinya relatif aman dari ancaman gempa bumi dan letusan gunung berapi. Dengan memindahkan ibukota ke wilayah yang lebih aman dari ancaman bencana, Indonesia dapat memfokuskan dalam pengembangan pembangunan yang lebih maju. 

Kalimantan Timur memiliki potensi lahan yang baik dapat terlihat dari data aspek fisik yang dimiliki karena sudah sesuai dengan penilaian satuan kemampuan lahan. 

Tidak hanya itu juga, sumber daya alamnya melimpah, seperti contohnya pertambangan dan perkebunan. Dalam aspek geografisnya pun kelerengan pulau Kalimantan tidak terlalu curam. 

Ketersediaan lahan yang masih luas juga memungkinkan adanya pembangunan yang lebih lanjut secara optimal. Pertumbuhan perekonomian di pulau Kalimantan terhitung cukup tinggi. Maka kesejahteraan masyarakat setempat akan semakin meningkat karena segala aspek yang ada pasti mengalami pertumbuhan yang pesat.

VIDEO PILIHAN