Mohon tunggu...
shefira azzahrah
shefira azzahrah Mohon Tunggu... Lainnya - Start with Bismillah

Saat semua terasa sulit, maka lihatlah orang tuamu yang selalu menemukan jalan untuk KESUKSESANMU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perkembangan Moral AUD

26 Oktober 2021   21:52 Diperbarui: 26 Oktober 2021   23:36 111 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada umumnya perkembangan moral dapat diartikan sebagai nilai nilai atau norma yang mengatur tingkah laku seseorang dan masyarakat. Perkembangan Moral adalah tindakan seseorang baik itu baik atau buruk yang disesuaikan oleh suatu budaya atau lingkungan. Maka dari itu, pentingnya pembimbing anak anak agar dapat memahami perilaku yang sesuai dengan norma norma masyarakat. 

Jean Piaget  Jean Piaget lahir di Neuchtel, Swiss, pada 9 Agustus 1896, adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan Swiss yang terkenal karena penelitiannya tentang anak-anak dan teorinya tentang perkembangan kognitif.

Ada dua jenis penelitian yang dilakukan oleh Piaget tentang perkembangan moral anak dan remaja.  Piaget telah melakukan observasi dan wawancara dengan anak-anak berusia 4-12 tahun, yaitu:  
1.Amati beberapa anak bermain kelereng, saat mereka mempelajari gaya bermain mereka dan memikirkan aturan permainannya.
2.Tanyakan kepada anak-anak tentang aturan etika, seperti pencurian, kebohongan, hukuman, dan keadilan.  

Piaget berpendapat bahwa dalam perkembangannya, anak juga menjadi lebih cerdas dalam berpikir tentang masalah sosial, terutama kemungkinan dan kerjasama. 

Pemahaman sosial ini menurut Piaget terjadi melalui hubungan dengan teman sebaya yang saling memberi dan menerima. Dalam kelompok sebaya, setiap anggota memiliki kekuatan dan status yang sama, merencanakan sesuatu dengan merundingkannya, ketidaksetujuan diungkapkan dan akhirnya disepakati. 

Dalam hubungan antara orang tua dan anak, orang tua memiliki kekuasaan, tidak seperti anak-anak, pemikiran moral tampaknya kurang berkembang, karena aturan masih diturunkan secara otoriter.


Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral
Pertama, anak dilahirkan belum memiliki sikap moral yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam masyarakat yang beli dikenalinya. Tentunya melalui lingkungan, pendidikan, sosial, dan budaya dapat memengaruhi perkembanganatau kepribadian bermuatan moral. Ini dapat dirasakan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar.

a. Perubahan Lingkungan
Perbedaan perilaku dalam lingkungan masyarakat dapat mempengaruhi atu dampak dari pengalaman dan pelajaran dari lingkungan masyarakat.
b. Struktur Kepribadian
Pembentukan dari sebagian aspek sosial yang didalam nya terdapat sistem nilai dan moral masyarakat.


Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi perkembangan moral anak (Hurlock, 1990).
 1. Peran hati nurani atau kemampuan untuk mengetahui apa yang benar dan salah ketika seorang anak dihadapkan pada situasi di mana ia harus memutuskan tindakan apa yang harus diambil.
 2. Peran rasa bersalah dan  malu dalam perilaku yang tidak  diharapkan dan melanggar aturan.
 3. Peran interaksi sosial dalam persetujuan anak untuk belajar dan menerapkan standar perilaku yang disetujui oleh masyarakat, keluarga, sekolah dan lain-lain.


Konsep Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini
Menurut Megawang, anak juga menjadi makhluk pribadi ketika tumbuh dalam lingkungan pribadi. Sudah menjadi tanggung jawab setiap anggota keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mendidik anak menjadi anak yang bermoral dan berkarakter. Upaya tersebut harus dilakukan secara terencana, terarah dan menyeluruh.

Perkembangan moral pada anak usia dini melalui pembentukan kebiasaan perilaku di rumah dan di sekolah
 a. Perkembangan perilaku yang baik dimulai dalam keluarga. Keluarga pada dasarnya adalah lingkungan untuk perkembangan anak-anak. Keluarga adalah lingkungan pendidikan pertama dan paling efektif untuk mengembangkan kebiasaan  baik pada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan