Mohon tunggu...
Sharon Simagala
Sharon Simagala Mohon Tunggu... siswa SMA

trust your creativity

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Keadaan Kearifan Lokal di Indonesia?

18 Februari 2021   09:54 Diperbarui: 18 Februari 2021   10:00 427 3 0 Mohon Tunggu...

Indonesia memiliki budaya yang bervariasi dari berbagai macam daerah. Oleh karena ini, budaya di Indonesia merupakan salah satu keunikan dan kelebihan utama dari sebuah negara. Tidak semua negara mempunyai budaya sebanyak dan seunik Indonesia karena sangat khas. Sehingga banyak kelompok-kelompok masyarakat tertentu mewariskan budaya mereka secara turun menurun. Ambil salah satu kasus, dimana sejumlah duta besar negara negara sahabat mengagumi keunikan dan keindahan ragam budaya yang dimiliki Kalimantan Selatan. Mereka terutama menganggumi makanan, tarian adat dari Kalimantan selatan tersebut pada festival budaya yang dirayakan pada 19 Juli 2019 lalu. Selain itu, terdapat juga kasus dimana Chishamiso Samantha seorang peserta beasiswa seni budaya Indonesia dari afrika selatan yang menganggumi budaya Indonesia, beliau mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah seperti di negaranya berdasarkan berita dari republika.co.id.

Apakah arti kearifan lokal? Secara umum kearifan lokal memiliki arti dimana bagian dari suatu budaya yakni dalam masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dengan bahasa kalangan masyarakat tersebut. Tetapi menurut dari KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, kearifan lokal diartikan sebagai nilai, ide, penuh kearifan, pandangan lokal yang bijak, nilai baik yang tertanam dan dipatuhi dengan para anggota masyarakat. Disini penulis memberikan beberapa pendapat dari para ahli mengenai kearifan lokal..

  • Sibarani (2012), suatu bentuk pengetahuan asli dalam masyarakat yang berasal dari nilai luhur budaya masyarakat setempat untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat atau dikatakan bahwa kearifan lokal.
  • Warigan (2011), Pengertian kearifan lokal menurut adalah nilai-nilai yang ada kearifan lokal d Indonesia sudah terbukti turut menentukan kemajuan masyarakatnya.
  • Paulo Freire (1970), pendidian yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi.
  • Apriyanto (2008), berbagai nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi pedoman hidup mereka.

Itulah pendapat dari beberapa ahli mengenai kearifan lokal, penulis akan lanjut membahas kepentingan dari kearifan lokal. Tidak semua masyarakat menganggap kearifan lokal begitu penting bagi kehidupan karena mereka masih belum paham atau sepenuhnya mengerti tujuan dan arti dari kearifan lokal sendiri. Kearifan lokal akan selalu terhubung pada kehidupan manusia yang hidup di lingkungan hidup yang arif. Karena lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda yang berada didalamnya baik itu makhluk hidup maupun benda mati. Kearifan lokal tersebut menjadi penting dan bermanfaat hanya ketika masyarakat tertentu yang mewarisi sistem pengetahuan itu mau menerima dan mengklaim hal itu sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Budaya di Indonesia menghasilkan kearifan lokal yang banyak dan unik. Akan tetapi karena masuknya budaya luar atau pengaruh dari luar, lama-lama kearifan lokal akan mengalami eksistensi.  Maka oleh karena itu, terdapat beberapa metode atau cara untuk melestarikan kearifan lokal di Indonesia. Cara pertama yaitu dengan memperkaya keanekaragaman budaya di Indonesia. Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki begitu banyak daerah dan sudah tentu tiap daerah memiliki budaya sendiri, hal tersebut dapat memperkaya khazanah (keragaman) yang ada di Indonesia, banyaknya budaya dalam suatu bangsa bisa menjadi tolok ukur dari tingginya nilai estetika dan etika dalam masyarakat tersebut.

Kedua, yaitu dengan menjaga ciri khas budaya dari kelompok masyarakat tersebut. Kemajuan teknologi telah membuat budaya dalam suatu masyarakat saling berasimilasi dan berakulturasi, alhasil kearifan lokal mulai terkikis dan termarginalkan oleh budaya yang dianggap lebih modern, sehingga lambat laun sebagian kebudayaan dalam masyarakat tidak bertahan. Ketiga, yaitu memanfaatkan kearifan lokal Indonesia menjadi suatu asset bagi negara. Seperti yang penulis jelaskan di awal artikel, banyak orang menganggumi budaya kita, maka oleh karena itu kesempatan ini bisa digunakan dijadikan sebagai elemen untuk menarik perhatian wisatawan, atau orang asing untuk datang ke Indonesia dan menikmati kearifan lokal di sini. Mau dari tourist, exchange student dari luar, dan lain lain. Keempat, kearifan lokal juga bisa dilestarikan lewat Pendidikan. Dalam arti lainnya, Pendidikan di Indonesia bisa meningkatkan pelajaran budaya yang terdapat di Indonesia sehingga bisa mempelajari budaya nya. Terakhir, kearifan lokal juga bisa dijadikan sebagai objek peneliti atau dokumentasi dari pihak resmi penelitian Indonesia atau asing.

Kearifan lokal juga memiliki tantangan atau halangannya tersendiri, seperti teknologi modern. Karena adanya teknologi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang cepat menyebabkan kebudayaan berubah dengan cepat pula. Teknologi modern secara disadari atau tidak oleh masyarakat, sebenarnya menciptakan keinginan dan harapan-harapan baru dan memberikan cara yang memungkinkan adanya peningkatan kesejahteraan manusia. Melihat kenyataan tersebut maka mudah dipahami mengapa cita-cita tentang teknologi lokal cenderung diabaikan, karena kebanyakan orang beranggapan bahwa teknologi modern selalu memiliki tingkat percepatan yang jauh lebih dinamis.

Tantangan lainnya yaitu jumlah penduduk. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup padat. Jumlah penduduk sebenarnya mempengaruhi kebutuhan pangan dan berbagai produksi lainnya untuk mencukupi kebutuhan manusia. Jika dipikirkan secara logis, penduduk yang berlebihan menyebabkan kemiskinan. Karena ini adanya kebutuhan pangan yang tinggi menuntut orang untuk meningkatklan produksinya guna mencukupi kebutuhan tersebut, sehingga melakukan modernisasi pertanian dengan melakukan revolusi hijau.

Ketiga, yaitu eksploitasi yang diberlakukan di Indonesia. Eksploitasi terhadap sumberdaya alam dan lingkungan sekarang ini telah sampai pada titik kritis, yang menimbulkan berbagai masalah lingkungan dan masyarakat. Beberapa kelompok masyarakat tertentu di Indonesia masih bergantung kepada sumber daya alam, mau dengan alasan kepercayaan, budaya dan lain lain. Karena hal ini, kearifan lokal pada masyarakat tersebut akan terancam punah.

Lalu penulis akan menjelaskan arti pemberdayaan komunitas atau masyarakat dalam peran besar di kearifan lokal di Indonesia. Pemberdayaan komunitas adalah suatu cara untuk dipilih menggali kemampuan dan masing-masing komunitas dengan keanekaragaman kearifan lokal dalam mewujudkan harapannya. Terdapat beberapa strategi pemberdayaan, seperti.....

  • Menciptakan iklim atau suasana yang memungkinkan potensi komunitas masyarakat berkembang
  • Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki komunitas masyarakat
  • Memberdayakan dan melindungi

Untuk memaksimalkan potensi kearifan lokal dalam pemberdayaan komunitas, bisa dilakukan dengan menjaga keautentikan berbagai kearifan lokal. Juga dapat dilakukan dengan menjaga eksistensi budaya lokal, dan lain lainnya.

Untuk kesmipulan, kearifan lokal di Indonesia sangatlah beragam dan banyak sehingga menarik perhatian negara asing sehingga pada menganggumi budaya kami. Maka oleh karena itu, sebagai masyarakat yang bijaksana kita harus bisa mempertahankan kearifan lokal di Indonesia agar tidak punah. Karena kearifan lokal, budaya dan lain lain merupakan salah satu identitas khas kami di mata dunia internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menjaga kearifan lokal, memperkuat keanekaragaman, dan lain lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x