Mohon tunggu...
sharachma
sharachma Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta

Wanderlust in Wonderland

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tersihir Cantiknya Pantai Kemala di Sore Hari

29 April 2021   15:57 Diperbarui: 29 April 2021   16:01 38 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tersihir Cantiknya Pantai Kemala di Sore Hari
Ramainya Pantai Kemala Balikpapan di Sore Hari (Dokpri)

Balikpapan memang dikenal sebagai Kota Minyak atau Banua Patra, tapi tak hanya minyak, Balikpapan juga menyimpan banyak potensi wisata dibaliknya. Salah satunya ialah banyaknya pantai - pantai indah yang tersebar di Kota Balikpapan. Dari sekian banyak pantai yang dimiliki Kota Balikpapan, Pantai Kemala merupakan salah satu pantai favorit yang layak untuk dikunjungi ketika singgah ke kota industri ini.

Terletak di pusat Kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Pantai Kemala mudah dijangkau dengan berbagai opsi kendaraan yang tersedia. Ada transportasi umum yakni angkot dengan nomor 03 berwarna putih - biru muda yang siap membawa anda menuju Pantai Kemala. Rutenya dari Terminal Batu Ampar - Pelabuhan Semayang, untuk destinasi ke Pantai Kemala ini, anda bisa turun di depan RS Bhayangkara yang letaknya bersebelahan dengan pintu masuk ke pantai cantik ini. Selain angkutan umum, anda juga bisa menggunakan transportasi online yang kini telah banyak tersedia di Kota Balikpapan.

Pantai Kemala sendiri memang bukan pantai yang tepat apabila anda bertujuan untuk berenang, mengingat ada beberapa tanker minyak yang duduk di lepas pantai. Tetapi, sebagai healing destination untuk melarikan diri dari penatnya hiruk pikuk perkotaan, Pantai ini bisa menjadi tujuan yang tepat.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Kemala ini tentu saja di sore hari, dimana matahari tidak terlalu panas dengan pemandangan langit sore indah yang dapat dinikmati di pinggir pantai. Menginjakkan kaki di pantai ini, lembutnya pasir putih bak tepung akan memanjakan kaki kita. Ditambah semilir angin pantai dan cahaya matahari sore yang sudah tak terlalu terik di sore hari pun menambah kesan nyaman dan santai dari Pantai Kemala ini. Dipinggir - pinggir pantai dipenuhi pohon - pohon kelapa yang tumbuh subur dan dapat menjadi tempat berteduh sembari menikmati pemandangan di sore hari.

Dokpri
Dokpri
Ingin menikmati pemandangan sambil berfoto di pantai sembari bermain air? Tentu bisa.

Bibir pantai ini sendiri tidak terlalu curam, dengan ombak tenang yang sesekali menyapa kaki pengunjung yang berada di pinggir pantai dan laut yang biru. Ditemani sinar matahari yang mulai kemerahan dan akan terbenam, menghasilkan kombinasi yang menenangkan bagi para penikmat senja yang mungkin bosan dengan pemandangan gedung - gedung di perkotaan.

Selain menikmati matahari terbenam, dipinggir - pinggir pantai terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai kuliner yang bisa anda nikmati sambil memandang laut. Dari kuliner kaki lima, hingga sajian bahari bisa kamu pilih. Berlokasi didepan Lapangan Merdeka, sehingga banyak penjaja makanan yang berjualan didepan Pantai Kemala. Mau menikmati sajian laut tangkapan para nelayan? Di sepanjang pinggiran pantai tersedia berbagai restoran yang menjual boga bahari yang segar, dari kepiting, lobster dan lainnya. Sambil menikmati senja sore yang indah, ditemani deburan ombak, seafood akan menjadi pelengkap yang sangat tepat.

Berlokasi di pusat kota, Pantai Kemala dapat menjadi destinasi healing untuk menyegarkan diri dari penatnya perkotaan. Sembari menatap langit senja dan mencelupkan kaki di air laut yang bersahabat, anda dapat menghanyutkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas perkotaan yang padat untuk sejenak.

VIDEO PILIHAN