Mohon tunggu...
Shannon Jesselyn Tjoanda
Shannon Jesselyn Tjoanda Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

My goal is to be a person who is not only useful to myself, but also useful to everyone. Easy going and dare to try new things are two representing attributes which will be beneficial not only for me in creating new connections but also for the organization to gain more attention from the public.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Wikipedia Bukan Sekadar Ensiklopedia

10 Maret 2021   11:18 Diperbarui: 10 Maret 2021   11:50 151 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wikipedia Bukan Sekadar Ensiklopedia
Sumber: energibangsa.id

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Jawa. Sesuai dengan namanya, Yogyakarta merupakan daerah yang istimewa. Hal tersebut dikarenakan hingga saat ini Yogyakarta masih terdapat kerajaan (Kraton Ngayogyakarta). 

Oleh karena itu, khusus di Yogyakarta tidak terdapat gubernur dan wakil gubernur. Sultan menjadi jabatan tertinggi di Yogyakarta yang selain sebagai Raja Yogyakarta, tetapi juga berperan sebagai Gubernur Kota Yogyakarta. Dengan sistem pemerintahan tersebut, kita juga dapat melihat bahwa Kota Yogyakarta masih kental dengan budaya lokalnya. 

Memiliki masyarakat yang ramah dan murah senyum merupakan salah satu bukti bahwa Yogyakarta masih kental dengan budaya. Sifat ramah orang Jogja sering ditemui ketika seseorang lebih muda melewati orang lebih tua mereka akan membungkukkan badan sebagai tanda untuk menghormati dan permisi. Selain itu juga orang-orang Jogja juga sering bertegur sapa dengan mengatakan kata "Monggo" sambil tersenyum. 

Tidak hanya sikap dalam bermasyarakat, Masyarakat Jogja juga memiliki kesamaan rasa "sungkan" atau malu, sehingga sering kali gaya berbicaranya tidak bisa langsung ke tujuan. Dari sikap yang tidak enakan tersebut membuat masyarakat Jogja lebih suka berbicara dengan basa-basi. Bentuk-bentuk keseharian yang berbudaya terjalin hingga saat ini harus tetap dijaga dan dilestarikan. 

Aksi untuk melestarikan budaya tersebut juga harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Setelah kita sudah melakukan aksi untuk melestarikan budaya tersebut, baru kita berusaha untuk mengajak orang-orang di sekitar kita untuk melakukan hal yang serupa. Semakin banyak orang yang ikut serta dalam melakukan aksi pelestarian budaya maka akan lebih cepat pula tujuan tersebut tercapai.

Komunitas atau kelompok merupakan sekumpulan orang yang memiliki sebuah kesamaan tujuan maupun kebutuhan. Sekumpulan orang tersebut berkumpul dan membuat sebuah kesatuan. Melalui komunitas tersebut maka interaksi sosial yang terbangun akan lebih mudah terstruktur. 

Interaksi sosial akan berjalan dengan kondusif apabila bertindak sesuai dengan konteks sosialnya. (Lestari, 2013)

Apabila mendengar kata Wikipedia, maka hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah ensiklopedia yang selalu menjelaskan mengenai arti atau pengertian dari sebuah hal. Namun tahukah kalian? Wikipedia juga tersedia dalam beberapa bahasa daerah Indonesia. Salah satu contoh dari bahasa daerah tersebut yaitu Bahasa Jawa. 

Wikipedia Bahasa Jawa, merupakan komunitas yang berdomisili di Yogyakarta. Komunitas tersebut membantu menyebarkan konten artikelnya dengan menggunakan Bahasa Jawa. Tidak hanya kontennya yang berbahasa jawa, bahkan penggunaan bahasa di web Wikipedia juga menggunakan Bahasa Jawa. 

Dalam komunitas Wikipedia Bahasa Jawa ini, terdiri atas 42.827 orang. dengan 96 pengguna aktif dan 8 orang pengurus. Hingga saat ini juga terdapat 62.308 artikel yang diunggah di Wikipedia Bahasa Jawa. Dari data tersebut menunjukan bahwa partisipasi dari masyarakat cukup besar terhadap pelestarian serta minat untuk mempelajari Bahasa Jawa yang tinggi. 

Sumber Instagram @jvwiki
Sumber Instagram @jvwiki
Kegiatan komunitas Wikipedia ini semenjak pandemi COVID-19 membuat segala aktivitasnya dilakukan secara online. Melalui akun resmi Instagram Wikipedia Jawa yaitu @jvwiki, seringkali memposting konten-konten informatif. Konten tersebut berkisaran mengenai budaya-budaya yang terdapat di Jawa, pengertian-pengertian dari beberapa istilah Jawa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN