Mohon tunggu...
Shania Situmorang
Shania Situmorang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Student

You Only Live Once

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Netizen Sebagai Sumber Berita Online

24 Oktober 2021   14:14 Diperbarui: 25 Oktober 2021   16:14 99 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penggunaan smartphone oleh masyarakat. Sumber : camilo jimenez on Unsplash

Statement netizen sangat berkaitan dengan sumber berita, karena ada beberapa komentar dari netizen yang digunakan untuk judul maupun isi dalam pemberitaan. Beberapa statement netizen juga digunakan untuk pemanis pada sebuah berita. Kedalaman berita yang digunakan dari statement netizen cenderung rendah, hal ini dikarenakan berita pada media online yang tersaji sangat cepat dan ringkas.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi jalan bagi masyarakat untuk menerimanya. Pengguna teknologi dapat dengan mudah mengakses berita dan informasi yang tersebar pada internet. Media online yang menjadi new media, melahirkan jurnalisme media online.

Sebagian besar masyarakat dunia telah mempunyai smatphone, dan mereka juga termasukd alam penguna aktif sosial media. Pengguna ini yang menjadi audiens dan atau konsumer dari media online. Penggunaan smartphone yang tidak lepas dari tangan kita memberi kaca pada jurnalisme online.

Jurnalisme online menghadirkan beberapa platform yang akan digunakan menjadi sumber. Sumber yang digunakan seperti wawancara narasumber dan langsung berada di lokasi peristiwa tidak lagi menjadi penting. Media sosial menjadi sebuah platform yang digunakan jurnalis untuk mencari sumber berita yang akan digunakan.

Penggunaan sumber berita di era baru ini dapat menjadi kemudahan dan kekurangan. Penggunaan statement netizen yang merupakan opini serta pengetahuan netizen diluar profesi jurnalis menjadi hal yang baru.

Statement Netizen

Komentar Netizen. Sumber: Thegioididong.com
Komentar Netizen. Sumber: Thegioididong.com

Netizen atau warganet merupakan orang yang aktif menggunakan internet. Warga yang menggunakan internet ini juga ikut menjadi audien dan penyebar dari informasi serta berita. Validasi dari penggunaan berita dari netizen masih banyak dipertanyakan.

Seorang jurnalis sendiri harus paham akan berita dan berita dan informasi apa yang sekiranya kayak untuk dipublikasikan kepada publik. Selanjutnya berita dan informasi tersebut akan berada di ranah publik dan dikonsumsi secara viral dan bersamaan.

Netizen di negara Indonesia sangat menyukai berita- berita yang viral. Hal tersebut menyebabkan peningkatan penggunaan statement netizen sebagai sumber informasi berita.

Kemudahan dalam bidang internet memberikan proses yang lebih mudah untuk meliput berita. Jurnalis tidak lagi harus mendatangi sebuah peristiwa. Hal ini menyebabkan adanya netizen atau statement netizen sebagai sumber berita. Statement netizen adalah komentar dari warganet yang sekiranya aktif menggunakan internet pada isu di ruang publik lewat media sosial atau media massa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan