Pandemi Covid-19 di Indonesia tengah berjalan selama 9 bulan. Sejak bulan Maret hingga Desember, sudah terdapat lebih dari 600ribu jiwa yang terpapar Covid-19 dengan total korban meninggal dunia lebih dari 20ribu jiwa yang telah berjatuhan akibat virus corona yang mematikan ini. Selain itu, pandemi ini juga memberikan dampak yang sangat besar terhadap berbagai bidang dan aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang Pendidikan.
Di bidang Pendidikan, dampak yang diakibatkan oleh pandemi ini cukup besar. Sejak diberlakukannya Study From Home (SFH) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa cenderung tidak efektif dikarenakan semangat siswa yang menurun dan menjadi malas untuk belajar dari rumah.Â
Sehingga, banyak siswa yang ketinggalan pelajaran dan bahkan tugas-tugasnya pun harus dibebankan kepada orang tua mereka agar nilainya pun tidak ketinggalan. Umumnya, hal ini terjadi pada siswa SD yang cenderung masih kekanak-kanakan dan belum menyadari betapa pentingnya menuntut ilmu meski saat ini harus dilakukan dari rumah.
Maka dari itu, UPI menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi ini dengan mengusung tema KKN Tematik Program Penanggulangan Dampak Covid-19 UPI 2020 (KKNT PPD COVID-19 UPI 2020) dengan berbagai macam program di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi.Â
Dalam bidang pendidikan, kegiatan ini berfokus untuk membantu, mendampingi, dan memberi penguatan kepada guru dan siswa dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar daring. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kegiatan tersebut. Akan tetapi, untuk mengurangi rasa bosan dan menambah semangat belajar siswa, penulis memilih salah satu cara menarik dalam mengerjakan tugas, latihan soal, kuis, dan bahkan ulangan harian melalui aplikasi Quizizz.
Dalam kegiatan tersebut, penulis memberikan penguatan kepada guru-guru kelas dengan membuat video tutorial membuat kuis di aplikasi Quizizz yang bisa diakses di tautan berikut: https://www.instagram.com/tv/CJKRYafAmoF/?igshid=1unjzkahehuix , dan juga memberi bimbingan kepada orang tua siswa tentang bagaimana mengakses dan mengikuti kuis lewat web Quizizz. Bimbingan ini dilakukan kepada orang tua siswa karena siswa yang penulis dampingi masih duduk di kelas 1 SD sehingga kegiatan belajar mengajar daring masih dibina oleh orang tuanya.
Dibandingkan dengan penugasan biasa yang umumnya mereka harus mengerjakan tugas dan soal latihan lalu mengirimnya kepada guru, siswa-siswa tersebut merasa lebih tertarik dengan penugasan berbentuk game yang interaktif seperti penggunaan Quizizz ini yang teknisnya cenderung lebih simple tanpa harus mengirim dan mengumpulkan kepada guru kelasnya.
Lalu, guru pun dapat mengunduh rekap hasil kuis seluruh siswa yang mengikuti kuis dengan berbentuk Microsoft Excel dan dapat langsung mengolahnya untuk dimasukkan ke daftar nilai. Cara ini lebih mudah, bukan?Â
Meskipun tidak semua guru melek teknologi dan kebanyakan masih mengalami kesulitan jika harus memberikan pengajaran lewat teknologi, semoga dengan memberikan bantuan berupa penguatan di video tutorial cara membuat kuis di aplikasi Quizizz Android di program KKN ini, penulis dapat membantu sedikitnya agar guru dan calon guru yang sedang berjuang mengajar daring di masa pandemi ini dapat terbantu.