Mohon tunggu...
Shane Vincent
Shane Vincent Mohon Tunggu...

Let's do this life, I'm the winner, jesus plan, pantang menyerah.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Salad, Makanan yang Menyehatkan Tubuh dan Dapat Memperpanjang Umur dengan Praktis

23 Februari 2016   09:26 Diperbarui: 25 Februari 2016   08:20 406 9 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="sumber google picture"][/caption]

Siapa yang tidak tahu salad, makanan yang sangat diminati oleh masyarakat ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Salad tersebut terdiri dari campuran sayur-sayuran dan buah-buahan siap santap. . Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Menurut Wikipedia, salad telah dikonsumsi orang romawi dan yunani kuno Kata salad berasal dari Bahasa Latin "sal" yang berarti "garam" Garam pada saat itu adalah bumbu yang penting untuk memberi rasa bagi makanan. Kata "sal" diserap ke dalam Bahasa prancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atau sallet

Makanan sehat semestinya menjadi bagian dari gaya hidup semua orang. Sayangnya, tingginya tingkat stress yang dialami oleh kaum pekerja yang ada di kota-kota besar saat ini, membuat sebagian orang mencari kenikmatan lewat makanan. Kuliner menjadi kegemaran banyak orang, tanpa memperdulikan kesehatan makanan itu sendiri. Sementara banyak orang yang mudah menemukan makanan yang lezat dan tidak sehat dari pada makanan yang sehat. Setelah selesai dengan makanan tersebut, akhirnya terdapat penyesalan karena terdiagnosa mengalami penyakit diabetes, darah tinggi, sampai sakit jantung. Hanya karena mengabaikan makanan sehat, kehilangan masa depan yang akan dijalaninya dan menikmati hasil kerja keras nya selama bertahun-tahun. Minimal, ketahuilah apa yang dimaksud dengan makanan sehat, berikutnya melanjutkannya dengan pola makan yang teratur.

Makanan yang sehat dapat kita temui di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan tersebut mempunyai banyak vitamin dan zat besi yang dapat membantu kita untuk tetap sehat. Makanan yang mempunyai nutrisi tinggi di setiap kalori nya akan membantu sel-sel dalam tubuh bekerja maksimal, sehingga tidak mudah lelah. Protein hewani, sayur-sayuran, kacang polong, padi-padian sampai buah-buahan termasuk dalam kategori makanan sehat. Semakin sedikit proses bahan-bahan tersebut sebelum disajikan, semakin baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa orang yang gemar makan goring-gorengan, kue-kue manis, makanan berlemak dan makanan cepat saji termasuk makanan tidak sehat.

Makanan yang praktis dan sehat dapat kita jumpai pada makanan salad. Salad adalah makanan yang termasuk dalam makanan sehat dan sangat praktis. Bahan-bahan pada salad antara lain strawberry, semangka, selada, jagung, telur, kol, kacang merah, papaya, kelengkeng, leci, melon, rambutan, agar-agar jelly, kiwi, nanas, kentang, tomat dan paprika. Bahan-bahan tersebut biasanya disajikan dengan mayonnaise seperti thousand island dan yang lainnya. Salad banyak kita jumpai di restoran yang bergaya barat-baratan, seperti pizza hut. Salad juga sangat praktis bagi orang yang sedang melaksanakan diet nya sehingga dengan vitamin yang ada di dalamnya orang tersebut dapat diet tanpa menghawatirkan makanan pengganti. Salad yang mengandung vitamin dan zat besi tersebut sangat sehat sehingga dapat memperpanjang usia. 

 Makanan sehat juga menggandung beberapa manfaat seperti karbohidrat yang merupakan zat terpenting bagi tubuh karena dapat menghasilkan energi dan tenaga bagi tubuh manusia, kita bisa mendapatkannya di nasi, kentang, gandum, dan lain sebagainya. Selanjutnya protein berfungsi untuk membantu masa pertumbuhan anak dan sebagai cadangan energi untuk manusia, kita bisa mendapatkannya pada telur, daging, ikan dan lain sebagainya. Berikutnya ada vitamin yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh, dapat kita ambil dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Lemak berfungsi sebagai zat pelarut vitamin dan juga sebagai cadangan energi tubuh. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh dan meminimalisir kelebihan berat badan, kita bisa mendapatkan serat dari sayuran dan buah-buahan. Kandungan yang ada pada makanan sehat tersebut sangatlah berguna dan penting bagi tubuh.

Makanan yang sehat sangatlah berguna untuk pertumbuhan tubuh bahkan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak, selain itu makanan juga akan menghasilkan panas dan energi didalam tubuh kita. Protein, Mineral, air, makanan yang mengandung unsur ini berperan penting didalam seperti membangun sel jaringan tubuh, kemudian karbohidrat dan lemak unsur yang berguna untuk memberi tenaga sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin dan Mineral juga sangat penting bagi tubuh, unsur ini berperan dalam pengatur pekerjaan jaringan tubuh. Unsur-unsur makanan yang dikomsumsi seharusnya diperhatikan jumlah keseimbangannya sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang.

Makan makanan yang sehat juga harus didukung oleh pola makan yang teratur dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna dengan begitu kita dapat hidup sehat dan dapat memperpanjang umur kita. Menurut Wikipedia 4 sehat 5 sempurna adalah makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna. Dengan makanan yang sehat dan praktis tersebut kita akan hidup dengan sehat dan kita akan terlihat semakin cantik/ganteng dan juga tetap segar…(SHANE)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x