Mohon tunggu...
Shalsa Midina
Shalsa Midina Mohon Tunggu... Pribadi

Halo semuanya

Selanjutnya

Tutup

Musik

Antara Musik dan Mood, Benarkah Keduanya Berhubungan?

11 September 2020   18:33 Diperbarui: 11 September 2020   18:27 111 5 0 Mohon Tunggu...

Pernahkah kalian berpikir mengapa emosi atau mood kalian berubah setelah mendengarkan musik tertentu? Musik sudah menjadi salah satu pelengkap kehidupan sehari-hari. Sebagian dari kita bahkan tidak bisa sehari saja tidak mendengarkan musik. Entah itu di saat waktu luang, atau saat sedang mengerjakan sesuatu. Sebelum masuk lebih jauh, apakah pembaca semua mengetahui pengertian dari musik sebenarnya? Dikutip dari laman Wikipedia, musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Nah, ketika mendengarkan musik tertentu, apakah kalian juga merasakan perubahan mood atau suasana hati yang terjadi saat musik tersebut diputar? Sadar atau tidak, mood kita dapat dipengaruhi oleh apa yang kita dengar. Musik salah satunya.

Lalu, bagaimana bisa musik mempengaruhi mood seseorang? Perubahan itu terjadi tergantung pada individu yang mendengarkan musik tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa indikator penyebab terjadinya perubahan tersebut. Mood seseorang dapat berubah tergantung ia menikmati lirik, atau melodinya. Jika ia mendengarkan sebuah musik atau lagu dengan lirik yang positif, maka suasana hatinya pun ikut menjadi positif atau senang. Sebaliknya, jika ia mendengarkan musik atau lagu dengan lirik yang sedih, atau menceritakan kesedihan, maka tanpa disadari, suasana hatinya pun ikut berubah menjadi mellow. Begitu juga kalau orang tersebut menikmati musik karena melodinya.

Bagaimana proses yang terjadi hingga musik dapat mempengaruhi mood seseorang? Dilansir dari laman pijarpsikologi.org, Penyebab berpengaruhnya musik terhadap suasana hati seseorang disebabkan oleh mendengarkan musik itu sendiri yang merupakan stimulus yang besar bagi otak. Hal tersebut berpengaruh pada otak dalam aspek kognitif dan emosi. Dalam aspek emosi, musik mempengaruhi sistem saraf otak seperti amigdala dan korteks yang bekerja sama dalam memproses emosi seseorang. Dengan demikian tidak heran jika mendengarkan musik dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Nah, setelah mengetahui pengaruh antara musik, sistem saraf manusia, dan suasana hati alias mood, kita bisa memanfaatkannya, lho! Bagaimana caranya? Jika kita sedang mengerjakan sesuatu, dan ingin pekerjaan menjadi lebih cepat, putarlah musik atau lagu yang bersemangat dan memiliki lirik yang positif. Dengan begitu, mood menjadi lebih baik dan bersemangat, pekerjaan terasa ringan. Lalu, jika ingin tertidur lebih cepat, atau ingin rileks setelah menjalani hari yang panjang, putarlah musik yang menenangkan. Maka otak akan menjadi lebih rileks dan merasa santai, pikiran pun tenang.

Ternyata, musik dan mood saling berhubungan dan sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Semoga artikel ini membantu, ya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x