Mohon tunggu...
Shafwan Hidayat
Shafwan Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa Informatika

Informatika

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Teknologi-teknologi dalam Serial "Black Mirror" yang Memungkinkan Ada di Masa Depan

9 Oktober 2019   17:18 Diperbarui: 9 Oktober 2019   17:31 0 2 2 Mohon Tunggu...
Teknologi-teknologi dalam Serial "Black Mirror" yang Memungkinkan Ada di Masa Depan
medium.com/design-intelligence

"Black Mirror" adalah seri antalogi televisi Britinia Raya berupa  sains fiksi karya Charlie Brooker. Dengan tema gelap dan satir mengenai masyarakat moderen. 

Pada serial ini menceritakan kehidupan masyarakat dengan teknolgi yang serba canggih. pada tiap episode memiliki pemeran, latar belakang, dan dunia yang berbeda pula namun masih berkaitan dengan problema masa kini dan kedepan apabila kita ceroboh dalam memanfaatkan teknologi

Dalam artikel ini saya akan membahas teknologi-teknologi apa aja sih yang ada di serial ini yang mungkin ada di masa depan

1. Pemindai Ingatan

Pada Season 1 Epsiode "The Entire History Of You" manusia telah ada pada masa dimana kita dapat memindai ingatan sesuka hati, dapat disimpan dalam bentuk berupa gambar maupun video. 

Bayangkan saja bagaimana rasanya membuka ingatan seperti melihat feed instagram kalian, kalian bisa melihat buku semalam sebelum ujian dan membuka filenya dalam bentuk gambar di ingatan kalian. tentu sangat membantu kita untuk meningat objek ataupun kenangan yang kita inginkan.

Teknologi ini juga dapat membantu pengurangan tindak kriminal karena semua hal kita lakukan dapat terekam dan dapat dilihat secara paksa. Sehingga kecenderungan bertindak kriminal akan berkurang.

teknlogi ini mungkin akan ada dimasa mendatang. Hal ini memungkinkan sebab, para ilmuwan telah meniliti bahwa memori manusia dapat digali kembali dengan memberi rangsangan di bagian yang tepat pada otak. 

Namun, hal ini juga mendukung bahwa memori otak dapat diubah dengan adanya pemberian "false memory" meskipun hal ini dapat membantu penderita ketakutan berlebihan akan sesuatu. 

Memang benar kita akan menjadi manusia yang lebih efisien dengan teknologi seperti ini. Namun, apakah kita masih dapat disebut manusia dengan kondisi seperti itu?

2. Tubuh Buatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3