Mohon tunggu...
Ivy Lee
Ivy Lee Mohon Tunggu... Editor

Hellooo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Generasi Milenial Seharusnya Tidak Percaya Hoaks

21 Mei 2019   16:05 Diperbarui: 21 Mei 2019   16:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Generasi Milenial Seharusnya Tidak Percaya Hoaks
SMA Negeri 1 Batam - Photo source: Ivy Lee



 

BATAM - Akhir - akhir ini Media Sosial banyak di munculkan Informasi dan berita palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah " hoax " oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Arti Hoax sendiri adalah Berita Palsu yang sengaja di buat dan disebarkan untuk menghebohkan publik dan tentunya sangat merugikan suatu pihak. 

Jika tidak berhati - hati, Masyarakat pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut. dan bahkan ikut menyebarkan informasi palsu yang jelas tidaknya ada itu. Tentunya akan sangat merugikan bagi korban fitnah jika masyarakat menyebarkan hoax tanpa mencari informasi yang benar dahulu. Oleh itu muncul Inisiatif kami, Mahasiswa UIB. Untuk Melakukan sebuah Investigasi dan Sosialisasi di Sebuah sekolah di - Sekupang, SMA Negeri 1  Batam. 

Berdasarkan Survey yang kami dapat, Kebanyakan Siswa & Siswi SMA Negeri 1 Batam Mendapatkan Informasi dari Media - Media Elektronik, Seperti di Internet, Artikel dan Aplikasi Sosial Media. Dimana pada Zaman sekarang Hoax biasanya disebarkan melalui Sosial Media, contohnya Lewat Media WhatsApp dengan di Forward keseluruh kontaknya. 

Oleh itu Kami membuat Poster dengan Ajakan untuk Menolak Hoax. Supaya Adik - adik lebih berhati - hati dan cermat dalam mengambil Informasi dari Media Sosial dan Juga melakukan Aksi penyebaran Hoax.



 

Poster Ajakan Stop Sharing Hoax - Ivy Lee
Poster Ajakan Stop Sharing Hoax - Ivy Lee

Poster Anti Hoax - Ivy Lee
Poster Anti Hoax - Ivy Lee

Berikut Video Dokumentasi Investigasi dan Sosialisasi tentang Hoax bertempat di Sekolah SMA Negeri 1 Batam :



Implementasi berupa Sosialisasi langsung ke sekolah ini, bertujuan untuk mengajak siswa/ i melawan hoax dengan tidak langsung percaya dengan berita palsu & tidak langsung menyebarkan ( sharing ) berita hoax, melainkan harus mencari tau kebenarannya sebelum di percayai sebagai sebuah Berita.  

- Artikel ini merupakan Project dari Mata Kuliah Pancasila dari Universitas Internasional Batam oleh Mahasiswa Semester 2 -

KELOMPOK 3 ( 2GAMH - Akuntansi ) : 

- Evi Yessy Angery 1842101 

- Ivy Lee 1842096 

- Jessica 1842095

- Kristina Oktiviani 1842106 

- Leondy Rionaldo 1842165 

Dosen Pengampu : Winda Fitri, SH. MH.