Mohon tunggu...
Andi Almafhum
Andi Almafhum Mohon Tunggu... Wiraswasta - Entrepreneur

Seseorang yang terus berusaha menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Menyukai hal mengenai riset dan development terutama di bidang pengembanga technology. Menyukai kebebasan, sesuatu yang baru, dan tantangan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Begini Cara Cek Nama Kita di Penerimaan Bansos Jelang Ramadhan 2023

21 Maret 2023   10:44 Diperbarui: 21 Maret 2023   10:48 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
illustrasi website cek bansos (sumber: docs pribadi)

Yuk, temen-temen! Kita bahas tentang penyaluran bansos yang sedang dilakukan pemerintah. Jadi, pemerintah lagi bagi-bagi dua jenis bansos nih, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bansos bahan pokok jelang Ramadan. Nah, temen - temen yang bakal dapet bansos ini adalah temen-temen yang jadi penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Ada beberapa jenis bansos yang bakal diberikan, antara lain buat balita, ibu hamil, lansia, penyandang disabilitas, dan juga buat temen-temen pelajar SD, SMP, dan SMA. Dana bansos yang bakal kita dapetin juga beda-beda sesuai sama jenis penerima.

Selain itu, pemerintah juga udah siapin bansos bahan pokok jelang Ramadan. Kita bakal dapet beras, telur, dan ayam. Bisa menghemat pengeluaran ditengah lonjakan harga sebelum ramadhan

Nah, pemerintah melakukan pencairan BLT tahap 1 untuk periode bantuan Januari hingga Maret 2023.BLT yang akan diberikan oleh pemerintah adalah BLT untuk Balita sebesar Rp 750.000, ibu hamil sebesar Rp 750.000, lansia sebesar Rp 600.000, penyandang disabilitas sebesar Rp 600.000, serta pelajar SD sebesar Rp 225.000, SMP sebesar Rp 375.000, dan SMA sebesar Rp 500.000. Bansos ini, direncanakan, akan diberikan selama tiga bulan berturut- turut, yaitu pada bulan Maret, April, dan Mei.

Untuk melakukan pengecekan apakah Kita terdaftar sebagai penerima bansos, kita bisa dicek melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Pilih wilayah penerima manfaat, yaitu Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan dan Desa
  • Tulis nama Anda sesuai dengan KTP
  • Isi kode chapta yang muncul di layar
  • Klik 'Cari Data'
  • Cek Bansos akan menampilkan data kita  jika Anda termasuk Nama Penerima Manfaat atau penerima bansos
  • Pastikan informasi yang ditampilkan sudah benar dan sesuai dengan data kita

Bagi temen-temen yang namanya tidak tercantum sebagai penerima dan ingin mendapatkan BLT BBM ini, dapat mengajukan diri sebagai penerima bantuan melalui Program Usul Sanggah. 

Nah, Program ini merupakan fitur yang ada di dalam aplikasi cek Bansos yang ditujukan jika ada yang berhak mendapatkan bantuan namun tidak terdaftar.

Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Cek Bansos bagi masyarakat yang telah memverifikasi data. Selain fitur tersebut, kita juga dapat menghubungi center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun