Mohon tunggu...
Shadam Teja Kusuma
Shadam Teja Kusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

suka berenang, bersepeda, dan fotografer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi kepada Pelaku UMKM Dapur Neli Mengenai Digital Marketing di Platform Gojek

1 Juli 2022   00:02 Diperbarui: 1 Juli 2022   00:06 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi, Membuat logo stiker kemasan produk dengan mitra

Surabaya, 09 Juni 2022 KKN merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Mahasiswa telah mengamalkan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajari selama perkuliahan.

Kegiatan kuliah kerja nyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya diadakan secara daring pada domisili masing masing mahasiswa di karenakan pandemi covid belum berakhir. Shadam Teja Kusuma adalah mahasiswa Untag Surabaya dari kelompok KKN Reguler 25 dan dosen pembimbing ibu Siti Mutrofin, S.Kom., M.Kom, 

Rangkaian kegiatan KKN ini berlangsung selama 12 hari dengan tema Edukasi Kepada Pelaku UMKM Dapur Neli Mengenai Digital Marketing di Platform Go-Jek.

dokumentasi pribadi, Membantu mitra mendaftarkan usaha di platform Gojek
dokumentasi pribadi, Membantu mitra mendaftarkan usaha di platform Gojek

Kegiatan KKN diselenggarakan di lokasi Komplek Asrama Brimob Jalan Gresik 39 Rt 01 Blok A Kelurahan Morokrembangan. Selama pandemi covid banyak para pekerja kantoran berpindah profesi dan mencari alternative untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. 

Dibutuhkan kreatifitas dan inovasi agar pelaku usaha seperti Ibu Lilik dapat menjalankan bisnis tersebut. Dengan begitu mahasiswa membantu mitra dengan membuat inovasi baru produk kue tradisional dan melakukan pemasaran berupa media sosial Instagram dan layanan aplikasi Gofood.

Proses kegiatan KKN adalah usaha bisnis Bu Lilik telah mendapatkan identitas usaha yaitu "Dapur Jajan Neli" dan logo produk. Dan telah tersedia varian inovasi produk serta pemasaran mitra melalui media sosial Instagram dan juga layanan aplikasi Gofood yang telah dibimbing mahasiswa guna memberi keuntungan dan bisnis yang dijalankan akan diingat oleh masyarakat.

Menurut mitra Bu Lilik "dengan adanya bantuan pemasaran digital melalui Instagram dan layanan aplikasi Gofood sangat membantu sekali dalam usaha bisnis dikala pandemi." kata Bu Lilik.

"Saya harap dengan program KKN yang saya jalankan untuk mitra bisnis yang dijalankan dengan strategi penyusunan pemasaran yang tepat dan adanya identitas produk bertujuan agar usaha mitra lebih mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang serta memberi keuntungan yang besar." kata shadam.

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoKampus

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun