Mohon tunggu...
Shabira Rajwa W R
Shabira Rajwa W R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seringnya bermusik, tapi kadang menulis juga (kalau senggang).

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Lika-liku Perjalananku Bersama Musik dan Gitar

17 Desember 2022   23:31 Diperbarui: 18 Desember 2022   10:00 717
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret gitar akustik elektrik dan amplifiernya di teras rumah | Dokumentasi pribadi

Musik adalah sebuah fenomena unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik. Namun seni musik tidak hanya sebatas bunyi/suara yang dihasilkan dari alat musik, apa pun yang bisa menghasilkan bunyi atau suara itu bisa dianggap sebagai musik istilahnya disebut dengan musik alam, bahkan suara langkah kaki manusia yang sedang berjalan, suara desiran angin, suara hantaman ombak itu sudah bisa dianggap musik walaupun tidak ada unsur kesengajaan dari perbuatan makhluk.

Hampir semua orang suka musik. Selain bisa menghibur, musik juga bisa membuat kita semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Musik memiliki bahasa yang universal sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja. Ketika kita bosan atau sedang bad mood, biasanya kita butuh hiburan. Salah satu cara untuk menghilangkan bad mood adalah mendengarkan musik.

Dengan mendengarkan musik, segala kepenatan yang ada di kepala kita menjadi hilang. Musik yang indah mampu membuat syaraf kita yang semula tegang menjadi kendur.

Tidak jauh dari pembahasan musik, di sini saya akan membahas salah satu alat musik tersebut, yaitu gitar. 

Gitar, kata-kata tersebut sudah tidak terdengar asing di telinga, bukan begitu?

Sebenarnya, bersamaan dengan musik itu sendiri, bentuk dari alat musik gitar sudah ada di sekitar kita sejak kita kecil, dan secara tidak langsung kita jadi mengetahui dan mengenali bahwa itu adalah "gitar", seperti pada mainan anak kecil, pada musisi-musisi yang kita lihat di televisi, ataupun alat musik gitar sungguhan. Saya sendiri mengalami hal-hal tersebut.

Saya mempunyai sepupu yang bisa bermain gitar, ingatan pertama saya saat saya memegang alat musik gitar waktu kecil, tidak lain dan tidak bukan adalah gitar sepupu saya itu. Dan karena saya masih kecil, tentu saja saya tidak tahu cara mainnya, hanya sekedar gonjreng-gonjreng sambil bernyanyi dengan asal.

Lalu kapan ya saya tertarik bermain gitar dan mulai serius bermain gitar? Nah, di sini saya akan menceritakan perjalanan saya, tetapi sebelum itu, saya akan memberikan sedikit pengantar mengenai gitar.

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun pick gitar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun