Mohon tunggu...
Shabiralia MarendaNafisa
Shabiralia MarendaNafisa Mohon Tunggu... Perawat - Aku seorang mahasiswa yang masih banyak belajar dan terus belajar

Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Pendidikan dalam Keperawatan sebagai Tenaga Profesional

27 Mei 2019   02:00 Diperbarui: 23 April 2021   12:29 1263 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perawat sebagai tenaga profesional (Sumber : luis melendez via unsplash.com)

Saat ini khususnya di Indonesia masih cukup banyak perawat yang kurang professional ataupun kurang mahir dalam pemberian asuhan keperawatan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai professionalisme dalam keperawatan itu sendiri. 

Tak hanya itu adanya tingkatan pendidikan yang berbeda-beda dalam pendidikan keperawatan yang juga merupakan salah satu alasan adanya perbedaan dalam tingkat pengetahuan. 

Saat ini hampir di setiap rumah sakit sudah lebih memilih untuk mempekerjakan perawat S1 Profesi dibandingkan dengan perawat D3 vokasi. Tuntuan kebutuhan dalam pemberian asuhan keperawatan akan terus meningkat, hal ini dikarenakan sudah meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan

Menganggapi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi mengenai kesehatan perlu dilakukannya perubahan -- perubahan dalam pemberian pelayanan, khususnya di bidang keperawatan. Perlu dilakukan berbagai perubahan seperti dalam bidang pendidikan. 

Menurut Gartiah, 2008, menyatakan bahwa dalam menghadapi berbagai tutuntan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan ada salah satu langkah kongrit yang dapat dilakukan yaitu pengelolaan dalam sistem pendidikan keperawatan. Pendidikan tentu sangat penting karena merupakan dasar dalam memberikan pelayanan. 

Perawat saat ini merupakan salah satu tenga professional tidak lagi vokasional. Setiap tahunnya pendidikan keperawatan terus mengalami perbaikan-perbaikan agar memberikan asuhan keperawatan yang terbaik kepada pasien.

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai pendidikan di keperawatan, saya akan membahas mengenai profesi dan professionalisme itu sendiri. Profesi berasal dari bahasa inggris yang berarti "profess" yang dalam bahasa yunani memiliki makna "janji" untuk memenuhi suatu tugas khusus baik secara tetap ataupun permanen (Kartono, 2017). 

Menurut buku Kozier & Erb's Fundamental Of Nursing: Concepts,Process, and practice 10th ed, karya Berman, et al, 2016, profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan suatu pengetahuan, keterampilan dalam pesiapan yang khusus dan matang. 

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan pendidikan serta pelatihan khusus serta suatu penguasaan atau pemahaman terhadap sesuatu pengetahuan yang khusus. 

Lalu, Profesionalisme merupakan karakter, spirit atau metode professional yang juga mencangkup pendidikan dan kegiatan diberbagai kelompok dimana anggotanya berkeinginan untuk menjadi seorang yang professional.

Keperawatan sudah dapat dikatakan sebagai profess karena sudah memenuhi kriteria atau karakteristik profesi, diantaranya adalah: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan