Mohon tunggu...
shafira adlina
shafira adlina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan. Temui aku juga di https://www.ceritamamah.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Ingin Bebas Finansial di Usia Muda? Wajib Lakukan Ini!

7 Desember 2021   08:55 Diperbarui: 7 Desember 2021   17:34 170 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bebas finansial di usia muda bukanlah sesuatu yang tidak mungkin saat ini. Apalagi jika anda punya tekad dan niat yang kuat serta strategi tepat dalam melakukannya. Membebaskan diri dari finansial, berarti Anda tidak perlu khawatir lagi ketika mengeluarkan uang atau bayar tagihan.

Lalu bagaimana dengan hutang? Tentu saja, jika anda sudah memiliki kebebasan secara finansial maka Allah tidak akan berhutang lagi. Sebab tentu saja keuangan anda sudah tercukupi, sehingga tidak memiliki keinginan untuk meminjam uang kepada orang lain.

Tips Bebas Finansial

Untuk Anda yang ingin mencapai kondisi bebas finansial maka perlu strategi tepat. Paling tidak, Anda bisa melakukan beberapa strategi seperti berikut.

Melakukan Perencanaan Dengan Matang

Yang pertama tentu saja Anda harus melakukan perencanaan hidup sebaik-baiknya. Anda harus memiliki target terlebih dahulu. Setelah itu, tujuan hidup anda berarti ingin mencapai target tersebut. Rencanakan apa saja yang ingin anda lakukan, untuk bisa mencapai target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan matang harus sampai mendetail agar apa yang diharapkan bisa dilakukan. Kita bisa mulai merencanakan dengan matang mulai saat ini juga sebagai program akhir tahun.

Perencanaan bisa juga dibilang sebagai tujuan hidup. Salah satu cara memotivasi diri untuk bebas dari finansial adalah dengan mencatat tujuan hidup. Anda juga perlu transparan terhadap diri sendiri, berapa biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Cara ini tentu saja bisa membakar semangat anda untuk menggunakan uang secara bijak.

Pelajari Kondisi Keuangan

Untuk mencapai kebebasan dalam finansial, maka anda wajib mengetahui bagaimana kondisi keuangan setiap bulan. Anda harus mengetahui secara rinci berapa penghasilan dalam satu bulan, hutang yang dimiliki, tabungan yang ada dan juga pertimbangkan soal target yang ingin dicapai.

Anda wajib mencatat kondisi keuangan secara detail. Kemudian wajib juga menyiapkan catatan untuk tabungan dan investasi agar tahu berapa keuntungan.

Mencatat Pengeluaran

Jika anda sudah memahami bagaimana kondisi keuangan maka selanjutnya adalah mencatat semua pengeluaran setiap hari. Untuk membebaskan diri dari finansial, maka anda tidak boleh sebebasnya dalam mengeluarkan. Uang yang keluar harus punya tujuan yang tepat. 

Dalam hidup ada  yang disebut dengan pengeluaran penting dan pengeluaran yang kurang penting. Agar bisa menggunakan uang dengan bijak maka untuk keperluan yang kurang penting, Anda harus berpikir berulang kali untuk mengeluarkannya. Dengan cara ini, maka anda bisa menghemat uang sejak dini.

Segera Bayar Hutang Jika Ada

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa orang yang bebas finansial adalah orang yang tidak memiliki hutang. Jadi jika sekarang Anda masih memiliki hutang dan menyadari bahwa hutang tersebut belum dibayar, maka lunasi. Dahulukan membayar hutang daripada menabung, meskipun Anda sudah punya impian dan tujuan yang ingin dicapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan