Finansial

Pelajaran dari Pertandingan Piala Dunia untuk Investasi Anda

10 Juli 2018   14:07 Diperbarui: 10 Juli 2018   14:20 591 0 0
Pelajaran dari Pertandingan Piala Dunia untuk Investasi Anda
Ilustrasi investasi dan sepakbola (Foto: Shutterstock)

Tidak terasa bahwa Piala Dunia sudah hampir mendekati akhir dengan beberapa kejutan besar seperti keluarnya juara bertahan Jerman dari babak penyisihan group dan hampir tidak lolosnya Prancis ke babak selanjutnya. Nah untuk kalian yang hobi menonton pertandingan bola, tahukah Anda bahwa ada pelajaran yang dapat diambil dari sebuah permainan bola dengan tujuan investasi Anda.

Dalam sebuah pertandingan World Cup, seorang Football Manager layaknya Julen Lopetegui (Manager Timnas Spanyol) pasti ingin membawa negaranya untuk meraih gelar juara dunia untuk kedua kalinya dengan menempatkan 11 pemain terbaiknya di lapangan untuk setiap pertandingan yang terdiri dari Goal Keeper, Defender, Mid-Fielder, dan Striker yang memiliki skill dan kontribusi sendiri dalam usaha untuk memenangkan setiap pertandingan. Ini sama halnya seperti layaknya kita seorang investor untuk dapat mengalokasikan dana investasi kita ke berbagai macam tipe asset class untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Menempatkan seorang Goal Keeper yang tepat untuk tim Spanyol seperti David De Gea sama pentingnya seperti seorang investor untuk dapat mengalokasikan sebagian dananya kepada instrumen investasi yang dapat memberikan hasil investasi yang stabil dalam jangka pendek seperti Reksadana Pasar Uang.

Di sisi lain, pentingnya seorang defender seperti Sergio Ramos dapat memberikan ilustrasi kepada investor tentang pentingnya untuk menempatkan sebagian dananya kepada instrumen investasi yang cukup defensif dan stabil dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding Reksadana Pasar Uang dalam jangka waktu menengah yaitu Reksadana Pendapatan Tetap.

Dari tengah lapangan, gelandang terkenal Spanyol seperti Andres Inesta mengingatkan kita juga sebagai investor untuk memiliki instrumen investasi yang semi agresif untuk dapat memberikan imbal hasil  lebih tinggi dibandingkan dua reksadana di atas dalam jangka waktu yang lebih panjang yaitu Reksadana Campuran.

Dan yang terakhir, tajamnya striker spanyol untuk mencentak gol seperti Diego Costa juga mengingatkan kita sebagai investor untuk dapat memiliki sebagian instrumen investasi yang agresif guna mendapatkan imbal hasil yang fantastis dalam jangka waktu yang panjang yaitu Reksadana Saham.

Salah satu instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan adalah Reksadana Pasar Uang "CIMB Principal Cash Fund" yang dapat dicairkan sewaktu-waktu dengan proses yang singkat, yakni hanya satu hari saja melalui aplikasi IPOTPAY. Reksadana dari PT CIMB Principal Asset Management ini telah memiliki dana kelolaan lebih dari 800 Miliar per Juni 2018.

Nah, sekarang kalian sudah tahukan hubungan antara pentingnya memilih pemain dalam sebuah pertandingan untuk mendapatkan sebuah kemenangan dengan pentingnya seorang investor untuk dapat mengalokasikan dananya ke berbagai macam jenis investasi guna mendapatkan imbal hasil yang maksimal.