Mohon tunggu...
Setiyowati Ryski Anggraeni
Setiyowati Ryski Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya seorang Mahasiswa

Penulis baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Ekonomi di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UNS Ajak Masyarakat Berwira Usaha

3 Maret 2021   16:40 Diperbarui: 5 Maret 2021   01:10 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian Materi Tentang Wirausaha kepada Masyarakat oleh Mahasiswa KKN - Foto Koleksi Pribadi

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar di setiap bidang termasuk ekonomi. Dalam rangka membantu meningkatkan ekonomi di masa pandemi Mahasiswa KKN UNS mengajak masyarakat untuk berwirausaha. Kegiatan untuk mengajak masyarakat membuka usaha ini diinisiasi oleh kelompok KKN di kelurahan Plumbungan.

Dalam praktiknya, masyarakat diberikan sosialisasi dengan materi seputar produk-produk yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat di masa pandemi. Salah satu peluang usaha yang mendapatkan profit yang hampir stabil adalah bidang kuliner. (11/02/2021)

Dibutuhkan strategi marketing guna membentuk branding suatu produk dalam pandangan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti Smartphone. Para pelaku usaha diharapkan bisa membuat dan mengoperasikan aplikasi instagram melalui smartphone untuk membuat akun bisnis dan menjual produk mereka melalui sosial media tersebut.

Penyampaian materi terkait kegiatan ekonomi kreatif tersebut disampaikan oleh Fiska Amanda Mulia mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNS dan Althofa Khoironi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UNS. Kedua pemateri tersebut berharap melalui materi yang telah disampaikan dapat membantu masyarakat dalam membangun UMKM di Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen tanpa adanya kesulitan yang berarti.

Fiska Amanda berpesan kepada pelaku usaha untuk memulai usaha dari lingkup kecil yakni lingkungan sekitar sebagai langkah awal untuk memulai pemasaran produk secara bertahap. Pihaknya juga berpesan agar tidak melakukan kesalahan dalam berbisnis. “Kesalahan yang sering dianggap sepele adalah status spesial di dalam bisnis. Seperti, harga teman misalnya,” Ujarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun