Mohon tunggu...
Setir Kanan
Setir Kanan Mohon Tunggu... Penulis - Media
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Setir Kanan merupakan platform di bidang otomotif yang menawarkan kemudahan dalam jual beli dan tukar tambah mobil bekas dengan harga terjangkau. Lengkapi kebutuhan kendaraanmu dengan layanan pilihan kami.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

5 Hal Menarik Toyota GR Corolla, Lebih Agresif dari GR Yaris!

31 Januari 2024   17:14 Diperbarui: 31 Januari 2024   17:40 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu, Toyota kembali menggandeng mobil terbarunya, yaitu Toyota varian Gazoo Racing (GR) Corolla. Mobil ini disebut melengkapi jajaran pasukan pure sport GR sebelumnya, seperti GR Supra, GR Yaris, dan GR86. 

Meskipun sekilas mobil ini tampak mirip dengan GR Yaris, GR Corolla lebih memiliki pengembangan hot-hatch yang mengusung konsep mobil balap, sehingga secara tampilan luarnya terkesan lebih agresif dan sporty dibandingkan GR Yaris. Lantas, apa saja hal-hal menarik lainnya yang ada di mobil sport Toyota GR Corolla ini? Berikut Setir Kanan uraikan selengkapnya untuk Anda!

1. Desain Lebih Agresif

Hal pertama yang mencuri perhatian dari Toyota GR Corolla tentu adalah desainnya. Secara tampilan luar, desain eksterior tersebut tampak begitu mencolok dengan penggunaan body kit beraksen agresif yang eksentris dan sporty. Dengan dimensi berukuran panjang 4.407 mm, lebar 1.851 mm, dan tinggi 1.479 mm, GR Corolla juga dilengkapi dengan LED projector headlights dan bumper yang tajam, serta kisi udara yang berfungsi menambah aerodinamika dan pendinginan mobil lebih baik.

2. Panel Bodi Ringan

Karena difokuskan sebagai sport car, tentu saja Toyota mengedepankan performa dan kecepatan yang tinggi pada GR Corolla. Alhasil, produsen asal Jepang ini turut menyematkan penggunaan panel body berbahan alumunium dan carbon fiber-reinforced plastic yang ringan, di antaranya pada bagian pintu, kap mesin, dan atap. Dengan begitu, pintu maupun kap mesinnya dapat dibuka dengan mudah dan ringan, sekaligus memberikan aerodinamika yang baik pada mobil.

3. Wing Super Besar dan Knalpot Triple-Exit

media.toyota.ca
media.toyota.ca

Tak cukup sampai disitu saja, performa GR Corolla juga didukung berkat kehadiran wing yang super besar dan knalpot triple-exit yang fungsional di bagian belakang mobil. Wing super besar tersebut berfungsi untuk menambah aerodinamika dan laju mobil. Sementara, knalpot triple-exit berfungsi untuk mengimbangi pembakaran dan pendinginan mesin, sehingga mampu mengurangi tekanan gas buang dan memberikan akselerasi mesin yang tinggi.

4. Kapasitas dan Performa Mesin

GR Corolla merupakan salah satu mobil sport buatan Toyota yang dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 cylinder turbo. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan output atau performa yang juga bisa dibilang besar, yaitu mencapai 300 hp untuk tenaga maksimalnya dan 370 Nm untuk torsi maksimalnya. Tenaga tersebut kemudian disalurkan pada keempat rodanya melalui sistem GR-FOUR 4WD yang lebih optimal dari GR Yaris.

5. Fitur Konsol Tengah

motor1.com
motor1.com

Untuk sistem pengendaliannya, Toyota juga menawarkan fitur yang ergonomis, yaitu fitur mode driving dan knob GR-FOUR yang ada di konsol bagian tengah. Pada fitur mode driving, Toyota memberikan 3 pilihan berkendara, yaitu mode normal, eco, dan sport. Adapun pada fitur knob GR-FOUR, Toyota juga memberikan pembagian sistem gerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan, yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70. Dengan sistem tersebut, distribusi tenaga melalui perputaran roda yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun