Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Lainnya - Team Supervisor Lapangan Surveyor

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Siap Bangun di Pagi Hari

1 Mei 2024   07:20 Diperbarui: 1 Mei 2024   07:25 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bangun tidur bisa menjadi suatu permasalahan dalam hidup, umumnya di usia dewasa, bangun di pagi hari akan terasa berat karena biasanya mata masih terasa berat dan badan terasa pegal di waktu itu. Mungkin apabila di hari kerja, badan akan terbiasa untuk segera bangun agar dapat mengejar supaya tidak terlambat kerja.

Namun apabila di hari libur, kita akan sangat sulit lagi untuk bangun apalagi bila ada kegiatan di malam hari sebelumnya yang membuat kita terjaga sampe telat malam.

Sebenarnya sebagai manusia tetap membutuhkan istirahat yang baik sehingga tidur sebenarnya tidak masalah terutama ketika kita sedang sakit ataupun capek membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama. Akan tetapi tidur juga sebaiknya tidak berlebihan sehingga otot-otot tidak kemudian menjadi kaku dan malah menyebabkan penyakit lainnya.

Waktu bangun terutama bangun di pagi hari sangat bagus apabila diisi dengan olahraga ringan sehingga badan yang kaku akan menjadi segar dan kita akan memulai aktivitas yang lainnya dengan lebih semangat.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan apabila kita memiliki kebiasaan untuk malas bangun antara lain;

A. Mengatur Jadwal Bangun Melalui Alarm


Untuk yang tidak terbiasa bangun secara alami di pagi hari dapat mengatur waktu bangunnya dengan mengunakan alarm waktu. Terutama di jaman sekarang ini untuk alarm bisa langsung disetting dari handphone yang rata-rata dimiliki dan bisa gak akan jauh dari si pengguna hp tersebut. 

Ada juga yang bisa dilakukan apabila kita takut telat karena kita tidak terbiasa untuk bangun yaitu bisa mengatur jadwal alarm menjadi lebih awal sehingga apabila kita masih mengantuk kita masih bisa terkejar. Bisa diatur juga awal waktunya menjadi 1 jam atau 30 menit sebelum waktu yang sebenarnya ingin kita atur untuk bangun.

B. Atur Kegiatan Setelah Bangun

Setelah bangun juga biasanya rasa kantuk juga bakal masih ada, sehingga biasanya apabila kita di hari libur itu biasanya sangat sulit sekali untuk bangun.

Untuk bisa dapat menyiasati rasa kantuk setelah bangun tidur, ialah kita perlu untuk menjadwalkan kegiatan yang akan tetap membuat kita terjaga sampai kita bisa kemudian mengusir rasa kantuk setelah bangun tidur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun