Mohon tunggu...
Serra Aprinda
Serra Aprinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Pasar Persaingan Monopolistik dan Oligopoli

2 Desember 2022   15:06 Diperbarui: 2 Desember 2022   15:11 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjadi mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis, pastinya harus memahami apa itu pasar persaingan monopolistik dan oligopoli. Dengan memahami dua hal tersebut, kita dapat melihat peluang dalam membangun bisnis ataupun mengurangi kerugian dalam bisnis kita dalam artikel ini kita akan membahas tentang lebih dalam tentang pasar persaingan monopolitik dan pasar persaingan oligopoli.

Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah pasar dimana di dalam pasal tersebut banyak penjual dan pembeli penjual akan menjual produk yang hampir serupa tetapi demikian memiliki beberapa perbedaan. Produk dapat dibedakan dalam beberapa cara termasuk kualitas, gaya, kenyamanan, lokasi, dan nama merek. Tapi bagaimana ada jika ada perbedaan harga yang cukup besar antara keduanya dalam hal ini pembeli dapat dibujuk untuk beralih dari satu ke yang lain bagaimana differential produk tercapai terkadang itu hanya bersifat geografis pendidikan terlepas dari loyalitas pelanggan terhadap suatu produk bagaimanapun, jika Harganya terlalu tinggi penjual akan kehilangan bisnis ke pesaing. Oleh karena itu. Dalam persaingan monopolistik perusahaan hanya memiliki kendali terbatas atas harga.

Dalam hal jumlah penjual dan tingkat kesayangan monopoli berada di ujung spektrum persaingan sempurna Dalam persaingan sempurna ada banyak perusahaan kecil tidak ada yang bisa mengendalikan harga mereka hanya menerima harga pasar yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan namun dalam monopoli hanya ada satu penjual di pasar titik pasar dapat berupa wilayah geografis seperti kota atau wilayah regional dan tidak harus seluruh negara monopoli alami termasuk utilitas publik seperti pemasok listrik dan gas. Monopoli legal muncul ketika sebuah perusahaan menerima paten yang memberikannya penggunaan eksklusif atas produk atau proses yang ditemukan paten dikeluarkan untuk waktu yang terbatas umumnya 20 tahun titik paten memungkinkan perusahaan dalam jangka waktu tertentu untuk memulihkan biaya besar untuk meneliti dan mengembangkan produk dan teknologi.

Berikut karakteristik pasar persaingan monopolistik

 1. diferensia produk differential produk pasar persaingan monopolistik adalah berbeda dari pesaingnya perbedaan ini dapat dilihat dari fitur, ciri khas, reputasi, brand ataupun kualitas.

2. Jumlah produsen atau penjual banyak karena jumlah produsen atau penjual banyak akan menyebabkan markas lainnya menjadi kecil ini disebabkan karena banyak pesaing yang membuat produk yang sama.

3. Mudah masuk dan keluar saat menguntungkan akan muncul produk baru saat rugi akan ada produk yang hilang dari pasar

Dalam persaingan monopolistik dalam jangka pendek memungkinkan adanya profit. Namun dalam jangka panjang profitnya akan nol, karena ada free entry and exit

Saat perusahaan menghasilkan profit akan menarik perusahaan lain ke dalam pasar sehingga menggerus share perusahaan .

Dalam perekonomian politik promosi penjualan harus aktif dalam meningkatkan konsumen, dan perusahaan relatif mudah keluar masuk industri bagi pengusaha atau pembisnis persaingan bukan terletak pada harga barang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun