Mohon tunggu...
Septian Praja
Septian Praja Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa dengan peminatan Komunikasi Massa dan Digital yang hobi motret dan merekam momen.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wikipedia sebagai landasan menulis karya ilmiah. Apakah valid?

26 November 2018   05:40 Diperbarui: 26 November 2018   09:30 310 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wikipedia sebagai landasan menulis karya ilmiah. Apakah valid?
index-5bfb5fdeaeebe158437a67da.jpg

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar pernyataan seperti ini pada saat duduk dibangku SMA atau perkuliahan "jangan pakai Wikipedia ya, itu data-datanya tidak valid." Kita dilarang tanpa mengetahui alasan yang jelas kenapa. Namun, apakah benar wikipedia tidak bisa digunakan sebagai sumber referensi akademik

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Wikipedia?

Sekilas tentang Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia yang dapat disunting oleh semua orang dengan perubahan yang cepat. Kata Wikipedia diambil dari kata wiki dan ensiklopedia. Wiki sendiri merujuk pada pada sebuah situs yang kontennya dapat disunting oleh siapa saja dengan cepat, sedangkan ensiklopedia memiliki arti, buku (atau serangkaian buku) yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan, yang disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu. 

Nah, sedangkan nama organisasi yang menjalankan Wikipedia dan proyek-proyek saudari lainnya adalah Wikimedia. Dalam menjalankan Wikipedia, Wikimedia menggunakan sebuah perangkat lunak yang diberi nama Mediawiki.

Wikimedia di Indonesia

Wikimedia di Indonesia didirikan pada tahun 2008 oleh 19 Wikipediawan bahasa Indonesia.

Wikimedia Indonesia ini merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation yang berpusat di Amerika Serikat. Wikimedia Indonesia memiliki tujuan mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia, dan bahasa lain yang dituturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

Wikipedia sebagai referensi akademik

Berdasarkan wikipedia.org, "Wikipedia merupakan proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka." Kata bebas dan terbuka inilah yang menjadi alasan bagi para peneliti atau pengajar untuk mengatakan tidak kredibel.

Bebas dan terbuka sendiri memiliki arti, yaitu setiap orang dapat mengubah atau menambah isi dari artikel dalam Wikipedia itu. Karena bebas dan terbuka, maka tidak bisa diketahui apakah orang yang mengubah isi artikel adalah orang yang kredibel atau dapat dipercaya. Maka dari itu Wikipedia dalam lamannya sendiri menghimbau para akademisi  yang hendak menggunakan Wikipedia sebagai landasan untuk menulis karya ilmiah sebaiknya berhati-hati. Hal ini disebabkan kebebasan mengedit ini sering disalahgunakan seseorang untuk mendapat pengalaman mengubah suatu halaman internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x