Mohon tunggu...
Septian Ananggadipa
Septian Ananggadipa Mohon Tunggu... So let man observed from what he created

Pejalan kaki dunia

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Cryptocurrency, Evolusi atau Halusinasi?

18 Maret 2021   15:51 Diperbarui: 18 Maret 2021   15:53 447 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cryptocurrency, Evolusi atau Halusinasi?
Sumber ilustrasi: wibestbroker.com

Fenomena cryptocurrency atau mata uang kripto menjadi isu yang sangat panas baru-baru ini. Adanya pandemi Covid-19 menjadi katalis percepatan adopsi digitalisasi dunia keuangan, namun siapa yang menyangka mata uang kripto bisa melesat sejauh ini.

Beberapa teknokrat dan tokoh dunia industri berpendapat cryptocurrency akan menjadi evolusi uang masa depan (future of money), namun tidak sedikit ekonom dan akademisi yang menganggap cyrptocurrency hanya fenomena sesaat.

Fakta-fakta unik terus mengiringi panasnya perdebatan tentang cryptocurrency.

Bitcoin (BTC), sebagai mata uang kripto paling populer, baru saja menyentuh harga tertinggi sepanjang masa (all time high) yaitu Rp840 juta per 1 BTC. Padahal jika kita melihat data historis, harga BTC 5 tahun lalu "hanya" sekitar Rp3 juta per 1 BTC.

Lalu ada Dogecoin (DOGE) yang harganya melesat 500% dalam 1 tahun karena viral di media sosial, salah satunya didorong oleh "pom-pom" bos Tesla, Elon Musk.

Melesatnya harga dan popularitas cryptocurrency menunjukkan bahwa minat masyarakat global terhadap cryptocurrency bukan hal yang main-main. Meskipun isu-isu terkait volatilitas, security, dan legalitas selalu menjadi kontroversi yang mengiringi perjalanan cryptocurrency.

Penuh Kontroversi

Beberapa hari yang lalu, pemerintah India membuat heboh dengan mengumumkan akan melarang seluruh penggunaan cryptocurrency. Sehingga siapapun yang mentransaksikan atau menggunakan mata uang kripto di India akan dihukum oleh negara.

Namun uniknya, Bank Sentral India berencana akan menerbitkan mata uang digitalnya sendiri atau disebut Central Bank Digital Currency (CBDC).

Nah, jadi meskipun India terlihat sangat keras menindak cryptocurrency namun tampaknya negara Bollywood ini sadar bahwa uang sedang mengalami evolusi, dan dunia digital adalah jalannya.

Bicara tentang CBDC, ini juga menjadi topik yang sangat panas di dunia ekonomi internasional. Laporan Bank of International Settlements (BIS) di tahun 2020, menunjukkan 80% Bank Sentral di seluruh dunia sedang menjajaki konsep CBDC, dan hampir setengahnya dalam proses menyusun conceptual framework.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x