Mohon tunggu...
Selsa
Selsa Mohon Tunggu... blogger

aku wanita biasa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merayakan Hari Jadi Kabupaten Temanggung di Masa Pandemi

29 November 2020   17:44 Diperbarui: 30 November 2020   14:19 112 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merayakan Hari Jadi Kabupaten Temanggung di Masa Pandemi
Gambar oleh Temanggung Tv

10 November 2020 Temanggung merayakan Hari Jadi yang ke-186. Namun kali ini tanpa kemeriahan pada umumnya, mengingat Pandemi  Covid 19 masih mengintai keselamatan kita semua. Untuk alasan ini pula Bupati HM Al Khadiq memerintahkan acara pertujukan tetap dilaksanakan namun secara virtual. 

Dengan menggandeng para Kru Temanggung Tv, rangkaian acara terselenggara dengan penuh khidmat dan tidak mengurangi kesakralan dan kemeriahan acara. Dan warga bisa menikmati acara secara streaming di tempat masing-masing tanpa harus berkumpul. Pun untuk pengambilan gambar dan saat acara berlangsung panitia Hari Ulang Tahun Temanggung menerapkan protokoler kesehatan dengan sangat baik dan penuh disiplin. 

Ketua Panitia Bapak Joko Prasetyono sangat berhati-hati dalam merencanakan suatu acara baik saat rapat ataupun saat acara berlangsung, tetap menjaga jarak dan selalu mengingatkan untuk bermasker pada setiap pelaku yang terlibat.

Seperti biasa rangkaian acara peringatan Hari Jadi dimulai pada tanggal 9 November 2020, pukul 20:00 WIB, dengan Pergantian Songsong Djoyonegoro dari Kota Parakan. 

Seperti kita ketahui, pada awal pemerintahan Ibukota Kabupaten Temanggung adalah di Kota Parakan sebelum kemudian pindah ke kota Temanggung. Dan untuk tetap memberikan kehormatan dan melestarikan sejarah awal berdirinya Kabupaten Temanggung, sejak Bapak HM AL Khadiq menjabat sebagai Bupati, maka selalu digelar acara seremoni pergantian Songsong Djoyonegoro yang menyimbolkan pergantian pemerintahan dari Kota Parakan ke Kota Temanggung.

Songsong Djoyonegoro diserahkan oleh para sesepuh Kota Parakan kepada Bupati AL Khadiq yang selanjutnya dibawa ke Pendopo Pengayoman yang merupakan rumah dinas Bupati Temanggung. Selanjutnya dibawa ke makam Bupati Pertama Temanggung, Tumenggung Aryo Djoyo Negoro dan istri. 

Adapun Songsong Djoyonegoro sendiri merupakan "pusaka" atau peninggalan bersejarah yang selama ini memayungi makam Bupati Pertama Temanggung. Makam ini berada di belakang Masjid Agung Temanggung, depan alun-alun Temanggung.


Acara selanjutnya pada tanggal 21 November 2020, panitian Hari Ulang Tahun menyuguhkkan FMV atau Festival Musik Virtual, acara musik nonstop selama 10 jam, dimulai pada jam 12:00 -- 22:00 WIB. Syuting dilakukan di studio Temanggung TV yang berada di Jalan S. Kadar Maron no 21.

Menampilkan Band / Grup / Soloist terbaik dari Temanggung. Dan yang menarik acara musik ini terdiri dari beberapa genre musik. Jadi bisa dinikmati semua kalangan.

Gambar oleh Temanggung Tv
Gambar oleh Temanggung Tv

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x