Mohon tunggu...
Selmha BellaArvhiari
Selmha BellaArvhiari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

21years old

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peranan Sistem Informasi Manajemen pada Bisnis Retail Mini Market Indomaret

24 November 2021   22:50 Diperbarui: 24 November 2021   23:12 4082
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis: Selmha Bella Arvhiari

Artikel ini berkenaan tentang peran dari sistem infomasi terhadap retail. Ketika tren teknologi bisnis berevolusi, bisnis retail berpeluang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang berbeda. Sayangnya, dalam era digital ini, kecepatan dalam mengantarkan pembaruan di bisnis retail semakin menjadi penentu kekuatan daya saing di pasar. Dan ini artinya, sistem informasi bisnis retail harus cepat dapat beradaptasi dengan perubahan

Bisnis ritel merupakan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Pada perkembangannya, kini bisnis ritel di Indonesia mulai bertransformasi dari bisnis ritel tradisional menuju bisnis ritel modern. Perkembangan bisnis ritel modern di Indonesia sudah semakin menjamur di hampir seluruh wilayah
Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya toko retailer modern yang membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam perdagangan eceran atau ritel dimana arus data barang dagangan dan uang berputar sangat cepat diperlukan pengendalian dan pengawasan yang baik Salah satu bentuk pengendalian dan pengawasan tersebut ada  dibutuhkan lah dengan melakukan pencatatan data yang tertib dan teratur, serta penyuguhan informasi dalam bentuk sistem pelaporan yang tepat waktu dan akurat sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi
setiap keputusan yang akan diambil.

Profil Perusahaan Indomaret

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Di kelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan indomaret di kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol Jakarta Utara.


Tahun 1997 perusahaan mengambangkan bisnis gerai waralaba pertama di indonesia, setelah indomaret teuji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga juli 2009 Indomaret mencapai 3531 gerai. Dari total itu 1998 gerai adalah milik sendiri dan sisanyaa 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar dikota kota di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.

Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umur karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersesdia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.

Sistem Infomarsi Teknologi

Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal. Siste, teknologi Informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang. Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumen dengan menerapkan sistem check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan fasilitas pembayaran Debit BCA.

Pemasaran dan Promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun