Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Saatnya Mencintai Bumi, Meski dengan Cara Sederhana!

22 April 2021   23:25 Diperbarui: 23 April 2021   17:20 138 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya Mencintai Bumi, Meski dengan Cara Sederhana!
Sumber Foto: Dokpri diolah dari Canva

Hari ini, 22 April adalah Hari Bumi. Hari Bumi dirayakan untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan, serta dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi. 

Tema Hari Bumi tahun ini adalah "Restore Our Earthatau "Pulihkan Bumi Kita". Sebagaimana dikutip laman earthday.org tema Hari Bumi tahun ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Tema "Restore Our Earth" tersebut menolak anggapan bahwa mitigasi atau adaptasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi perubahan iklim. "Memulihkan Bumi Kita" bukan hanya karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya. 

Kita semua membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan,  kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan, tapi kebutuhan.

Permasalahan yang dihadapi bumi saat ini antara lain pemanasan global, pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan dan tidak bertanggung jawab, pencemaran lingkungan dan lain-lain.

Sudah saatnya kita lebih memberi perhatian dan mencintai bumi yang kita tinggali. Mari mulai dari diri sendiri, anak-anak dan orang terdekat kita.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencintai bumi:

1. Lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Keterangan gambar: Reduce, Reuse, Recycle / Sumber: old.citragrandcity.com
Keterangan gambar: Reduce, Reuse, Recycle / Sumber: old.citragrandcity.com
Reduce berarti 'mengurangi sampah'. Langkah yang bisa kita lakukan adalah mengganti kantong plastik sekali pakai dengan kantong dari kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang. Mengganti botol minum plastik sekali pakai dengan botol minum yang bisa diisi ulang. Usahakan stop atau mengurangi pemakaian bahan sekali pakai yang terbuat dari plastik.

Reuse berarti 'menggunakan kembali'. Langkah ini mengajak kita untuk menggunakan kembali produk yang sudah dipakai.

Misalnya, kita menggunakan kembali bekas botol kemasan air minum sebagai pot tanaman.

Recycle berarti 'mendaur ulang'. Langkah ini bisa disebut sebagai langkah memberikan kesempatan kedua untuk berbagai produk bekas agar bisa menjadi produk baru. Misal mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas daur ulang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x