Mohon tunggu...
Seliara (Retno Susilowati)
Seliara (Retno Susilowati) Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Tip Ramadan Saat Pandemi, Belajar dari Tahun Lalu

14 April 2021   01:09 Diperbarui: 14 April 2021   01:11 383 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tip Ramadan Saat Pandemi, Belajar dari Tahun Lalu
(Gambar olah pribadi dari Canva)

Ramadan tahun ini berlangsung saat pandemi covid 19 belum pergi dari bumi pertiwi. Banyak yang merasa khawatir, apakah aman melaksanakan serangkaian ibadah Ramadan di tengah pandemi, seperti puasa, salat tarawih berjamaah di masjid dan lain-lain.

Saat ini, kita harus benar-benar menerapkan protokol 5M dan menjaga kesehatan serta imunitas tubuh, supaya tidak terinfeksi virus covid 19. Sementara saat puasa, tubuh kita tidak menerima asupan nutrisi dan cairan selama sekitar 12 jam. Apakah ini cukup aman?

Belajar dari tahun lalu, berikut ini lima tips puasa di tengah pandemi yang perlu diketahui, supaya ibadah Ramadan kita bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Selamat menyimak!

1. Makan bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Kita harus benar-benar memanfaatkan waktu sahur dan berbuka dengan memberi asupan gizi bagi tubuh kita. Saat sahur misalnya, konsumsilah makanan dan minuman yang kaya akan vitamin, serat, dan protein. Aneka kacang-kacangan, sayur, buah, telor rebus, ikan, air jeruk lemon dan air jahe bisa menjadi pilihan untuk sahur. Sementara untuk menu berbuka puasa bisa lebih bervariasi. Jangan lupa untuk minum air putih 2,5 liter per hari.

2. Menyetok bahan makanan

Bila perlu, buat daftar menu selama seminggu, agar tidak  sering keluar rumah. Menyetok bahan makanan selama beberapa hari ke depan akan bermanfaat untuk menjaga diri dari tertular covid 19. Atau bisa juga membeli bahan makanan secara online. Sekarang banyak tukang sayur di komplek perumahan atau pasar yang melayani pembelian online, diantar ke rumah dan bisa membayar secara non tunai atau transfer. Tapi bila memang harus keluar untuk berbelanja, selalu patuhi protokol 5M dan bawa catatan supaya waktu belanja lebih singkat.

3. Memperhatikan kebersihan makanan

Dengan memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka, akan menjaga kebersihan dan gizi makanan yang kita santap. Tapi bila tidak memungkinkan memasak sendiri, bisa membeli makanan baik secara offline atau online. Yang penting perhatikan kebersihan. Kalau perlu makanan yang kita beli dihangatkan lagi, bayar secara non tunai untuk menghindari kontak, serta meminta driver meletakkan makanan di pagar dan menyemprot dengan desinfektan pada kemasan luar.

4. Istirahat dan olahraga cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x