Mohon tunggu...
Seliara (Retno Susilowati)
Seliara (Retno Susilowati) Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Resep Portuguese Egg Tart yang Paling Mudah dan Enak Sekali!

9 Maret 2021   12:02 Diperbarui: 9 Maret 2021   12:18 77 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Portuguese Egg Tart yang Paling Mudah dan Enak Sekali!
Dokumentasi Pribadi

Ya, ini adalah resep andalan saya, cara membuatnya sangat mudah dan rasanya enak sekali, dijamin makan satu buah tak akan cukup. Anak-anak sangat menyukai kue ini, begitu keluar dari oven, langsung deh diserbu. Kue ini sangat renyah dengan vla vanila yang begitu lembut. Vla vanila ini bagian luarnya berkaramel sehingga menambah cantik dan mengundang selera.

Oya, sesuai namanya, kue ini berasal dari Portugis. Menurut sejarah, resep kue ini sudah ada di Portugis sejak 300 tahun yang lalu, di sana kue ini dikenal dengan nama "pastel de nata".

Kue ini mempunyai bagian luar yang berlapis-lapis, renyah dan gurih, berpadu dengan isian semacam vla yang terbuat dari kuning telor yang lembut, manis dan berkaramel. Sangat enak dimakan sebagai hidangan penutup atau dimakan sambil minum teh.

Saya sudah sering membuat kue ini. Seperti biasa, resepnya sudah saya modifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan baku di rumah. Meskipun bahan dan cara membuatnya mudah, kue ini dijamin enak sekali!

Oya untuk bahan kulit (puff pastry) sebenarnya bisa membuat sendiri, waktu masih kecil, saya dan kakak sering membuat puff pastry berbahan korsvet ini, melipat dan menggilasnya berulang kali hingga didapatkan hasil yang renyah dan berlapis-lapis. Tapi begitu pindah ke Jakarta dan menemukan pastri instan yang ada logo halalnya, untuk menghemat waktu dan tenaga, akhirnya sekarang saya memilih memakai pastri instan ini.

Baiklah kita mulai membuat kue ini yuk, berikut resepnya ...

Bahan kulit :

  • Saya pakai pastri instan merk Edo

Bahan isi :

  • 250 ml susu UHT full cream (plain) 
  • 2 kuning telor
  • 50 gram gula pasir (atau sesuai selera)
  • 1 sdm tepung maizena
  • sdt vanilla essens/bubuk
  • sdt garam

Cara membuat :

  • Membuat isian, campur semua bahan isian, aduk rata dan saring. Masak dalam api kecil sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Matikan api dan terus diaduk sampai uap panasnya hilang
  • Cetak puff pastry menggunakan cetakan pie kecil atau sesuai selera/cetakan yang ada, ratakan hingga semua permukaan cetakan tertutup dan tusuk-tusuk dengan garpu
  • Tuang vla vanila hingga penuh.
  • Masukkan dalam oven yang sudah dipanaskan lebih dulu. Saya mengunakan suhu 160 derajat Celcius, api atas bawah, dioven sampai berwarna kuning kecoklatan. Keluarkan dan tunggu dingin lalu dilepas dari cetakan, siap dihidangkan

Oya sebagai catatan, oven harus cukup panas saat adonan akan dimasukkan, supaya terbentuk lapisan-lapisan yang renyah dan gurih. Cetakan tidak perlu dioles margarin/mentega, karena adonan pasrty ini sudah cukup mengandung minyak sehingga kue tidak akan lengket.

Baiklah sekian resep Portuguese egg tart dari saya, semoga bemanfaat dan selamat mencoba!

Salam sehat dan jangan lupa bahagia!

Seliara

VIDEO PILIHAN