Mohon tunggu...
Adi
Adi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Indonesia

Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jalan Kaki sebagai Afirmasi Doa

14 Oktober 2022   10:29 Diperbarui: 14 Oktober 2022   10:32 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (pixabay)

Baik secara langsung maupun tidak. Jalan kaki berguna bagi kesehatan dapat meningkatkan banyak hal dalam tubuh kita. Tentunya yang umum dibahas adalah tentang kesehatan jalan kaki bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Kita mungkin butuh kalori namun perlu juga ada yang dibuang agar tak berlebih.

Dikurtip dari KOMPAS.com; Peneliti Stanford University menilai Indonesia sebagai negara yang warganya paling malas jalan kaki karena hanya berjalan 3.513 langkah setiap harinya. Sebagai pembanding, negara paling rajin jalan kaki adalah Hongkong dengan rerata 6.880 langkah per hari. Ini jumlah rerata ya, jadi masyarakat Indonesia perlu banyak dapat edukasi tentang pentingnya jalan kaki.

Mempopulerkan Jalan Kaki

Jika melihat data dari peneliti di atas. Indonesia perlu menggaungkan semangat jalan kaki sebagai budaya masyarakat. Kalau dilihat fakta yang ada saat ini sebenarnya budaya jalan kaki mulai digiatkan pemerintah. Meski mungkin sebagian pemerintah daerah. Seperti di beberapa tempat jalur pejalan kaki dibuat lebih besar.

Kita bisa lihat di Jakarta, Yogyakarta, Ponorogo, Malang dan berbagai daerah lainnya di Indonesia. Berbagai fasilitas untuk pejalan kaki mulai digiatkan. Seperti umumnya pembesaran jalur pejalan kaki. ada jalur pejalan kaki lebih nyaman di berbagai taman. Hingga ada batu-batu di taman ditata untuk sebagai terapi kaki.

Jalan kaki membakar berapa kalori?  pertanyaan umum bagi yang memperhatikan aspek kesehatannya. Jalan kaki dengan cepat selama 30 menit dapat membakar kalori sekitar 100-300 kalori. Nah, jika jalan kaki 30 menit dilakukan setiap hari dalam seminggu, maka kamu dapat membakar sekitar 1000-3000 kalori ekstra. Hal ini bisa membantu meningkatkan metabolisme. Jalan kaki 1 km berapa menit? Umumnya sekitar 10-20 menitan. tergantung cepat atau tidaknya dalam jalan kaki. Lalu jalan kaki 1 jam berapa km? tinggal saja dihitung dengan waktu 1 km tadi ya.

Jalan kaki sebagai Afirmasi Doa

Jalan kaki bahasa inggrisnya walk ini mulai banyak dilakukan masyarakat di perkotaan. Adanya hari bebas kendaraan di akhir pekan menjadi jujugan masyarakat berkumpul dan berolahraga salah satunya dengan jalan kaki mengintari lokasi.

Jalan kaki adalah hal populer di masyarakat. Bagi yang suka ke pasar, jalan kaki jadi hal biasa memutari pasar. Saya ikut orang tua maupun saudara pun demikian. berjalan kaki sejauh mata memandang di pasar. Terlebih ada suatu acara yang membuat banyak barang yang harus dibeli. Jalan kaki pun semakin panjang dan lama waktunya.

Jalan kaki juga bisa dilakukan dengan kita mempunyai impian atau target dalam hidup. Seperti saya menerapkan jalan kaki sekitar 1-2 km dengan afirmasi ke baitullah. Ini dalam rangka riyadhoh lahir untuk mencapai target atau impian ke Baitulloh selain dengan riyadhoh doa juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun