Mohon tunggu...
Sekar
Sekar Mohon Tunggu... Jurnalis - jurnalis

Gravitation is not responsible for people falling in love

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Akhirnya Dicium dan Dipeluk Serigala (Review EXO, Kiss and Hug)

11 Juni 2013   14:02 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:12 10434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_266943" align="aligncenter" width="500" caption="cover EXO Kiss And Hug cr:http://en.wikipedia.org/wiki/File:EXO-XOXO-First_Album.jpg"][/caption]

Sejak kenal dengan Kpop pada 2008 hingga saat ini, saya hanya mengidolai dua grup, yaitu Big Bang dan Beast. I am a beauty VIP. Buat saya, keduanya adalah yang terbaik. Parameternya apa bahwa mereka merupakan idola? Semua lagu mereka tersimpan dengan aman di ponsel saya. Kalau di notebook memang ada beberapa lagu dari grup lain, tapi levelnya beda kalau lagu itu sudah disimpan di ponsel. Karena ponsel lebih portabel, jadi lebih mudah kalau ingin mendengarkan lagu mereka.

Sampai pertengahan 2013, saya tetap setia dengan dua grup itu. Memang banyak sekali rookie bermunculan saban bulan. Tapi tetap saja tidak ada yang menggelitik hati dan telinga. Bukannya apa, saya malas menambah idola. Pertama, saya malas menghafal nama mereka. Kedua, saya malas menghafalkan suara mereka. Tidak mudah loh membedakan suara dalam waktu singkat.

Jadi pada saat kpopers heboh dengan rencana Lee Soo Man mendatangkan 12 alien dari planet EXO tahun lalu, saya anteng saja. Saya juga tetap tenang, saat melihat video debut mereka. Padahal, promosi yang digunakan SM Entertainment cukup gencar untuk grup ini. Mulai dari teaser yang keren. Konsep untuk setiap member yang unik. Sampai music video dengan teknologi yang bisa dibilang canggih.

Tapi saya bergeming. Termasuk saat melihat video music debut mereka. Saya cuma bereaksi, “Oh, ini toh yang namanya EXO?”.

“Jadi ini, naga yang bisa terbang”.

“Begini toh bentuknya panda yang bisa memberhentikan waktu”.

“Jadi, begini penampakan 12 alien yang merengek-rengek dengan mama”.

Ditambah lagi dengan penampilan mereka di MAMA 2012. Aduh, berani sekali mereka membawakan lagu Mirotic dengan cara yang biasa-biasa saja. Di tahun lalu, saya justru hampir tergoda untuk memelihara 6 kelinci preman. Tapi entah kenapa, lagu mereka hanya nyangkut di notebook, bukan ponsel.

Tapi semua kini berubah. Tepatnya pada Senin, 3 Juni lalu. Di hari yang kebetulan merupakan ulantahun saya yang ke tiga *uhuk* puluh *uhuk* dua *uhuk*, EXO merilis album pertama mereka, Kiss and Hug alias XOXO. Dan ini bukan mini album melainkan full album. Jadi saya menganggap mereka sengaja memilih tanggal itu untuk sebagai kado ulang tahun. Jadi saya memutuskan untuk mendengarkan lagu mereka.

Lagu pertama, biasa saja. Dan begitu lagu kedua didengar, aduh, saya langsung jatuh cinta. Saya memang memiliki kelemahan dengan lagu balad. On Rainy Days yang membuat saya menyukai Beast. Sedangkan Big Bang lewat lagu Tell Me Goodbye. Dan di lagu Baby Don’t Cry, saya dengan pasrah digigit 12 alien yang sekarang berubah menjadi serigala ini. Sekarang saya mencoba mereview album ini.

1.Wolf

Oke, pertama kali mendengarkan lagu ini, saya suka tapi kadar sukanya masih yang biasa saja. Didengarkan untuk kedua kali dan seterusnya, ternyata Wolf bagus juga. I love the tribal sound in this lead track. Nuansa hutan dan hewan liar di lagu ini, sangat terasa, terlebih di bagian yang meniru lolongan serigala. Tapi seandainya lagu ini dibuat ulang, saya berharap bagian “A Sarangheyo” dihapus saja. Lagu dengan sound dan atmosfir yang kuat langsung jatuh ketika ada suara cempreng “A Sarangheyo”.

2.Baby Don’t Cry

Ini lagu yang membuat saya pasrah dicium dan dipeluk 12 serigala ini. Dentingan piano di bagian awal dan akhir lagu dengan sedikit nuansa RnB ini sangat indah. Memang sih, ada yang bilang kalau mereka pernah merekam lagu tahun lalu. Tapi bagaimana ya, karena saya baru kali ini mendengarkan dengan hati dan telinga yang terbuka, jadinya baru suka sekarang. Baby Don’t Cry adalah lagu yang tidak akan bosan untuk didengarkan berulangkali.

3.Black Pearl

Lagu ketiga Black Pearl juga bagus. Dubstep di lagu ini menjadi keunikan tersendiri. Tapi menurut saya rapnya menganggu. Tidak semua lagu harus disisipi rap. Kalau tidak ada rap, mungkin Black Pearl akan menjadi lebih bagus lagi. Oh ya, bagian terfavorit di lagu ini tentu di chorus, tepatnya di repetisasi oh-oh-oh. Hanya saja, di telinga saya, versi Cina dari lagu ini lebih bagus dari versi korea. Lebih mulus dan enak didengar.

4.Don’t go

Intro lagu ini mirip dengan Separuh Aku dari Noah. Lagu dengan tempo sedang ini memiliki melodi yang manis. Cocok didengarkan di siang hari saat tubuh lelah dan butuh istirahat barang sejenak.

5.Let Out The Beast

Kalau Wolf tidak menjadi lagu unggulan dalam album ini, pasti Let Out The Beast menjadi penganti yang pas. Lagu nuansa elektronik dan tempo yang cepat ini, dijamin bisa membuat bergoyang. Saya juga yakin, koreo untuk lagu ini pasti akan keren. Ya iyalah, artis SM kan terkenal jago untuk urusan yang satu ini.

6.3.6.5

“Aih, One Direction”, batin saya ketika mendengar lagu ini untuk pertama kali. Benar, sound di lagu ini mirip sekali dengan One Direction, apalagi di bagian gitarnya. 3.6.5 ini termasuk tipe lagu manis yang dibawakan boyband-boyband di album awal untuk menarik pendengar.

Tapi tetap lagu ini bagus dan tidak memalukan.

7.Heart Attack

Saya menyayangkan lagu bagus ini memakai auto tune. Bukannya apa-apa, auto tune itu memang bisa membuat lagu menjadi lebih modern, tapi di sisi lain dapat merusak lagu. Heart Attack menjadi kurang detil. Tapi nuansa world song di lagu ini sangat menyegarkan.

8.Peter Pan

Bagian terbaik dari lagu ini ada di chorusnya. Kalau dibawakan dalam sebuah konser, pasti asyik dinyanyikan secara bersama-sama. Harmonisasi member EXO di lagu ini bagus sekali. Pasti mereka bekerja keras agar bisa terdengar lebih baik lagi dan lebih harmonis saat bernyanyi bersama-sama.

9.Baby

Tempo di lagu ini sama dengan Baby Don’t Cry. Lagu dengan tempo sedang dan bernuansa RnB ini, ditambah dengan harmonisasi member EXO saat bernyanyi membuat saya yang sempat tidak suka lagu dengan judul yang sama, jadi menyukai Baby.

10.My Lady

Okay, sebagai lagu terakhir My Lady menjadi penutup yang manis. Lagu dengan nuansa blues ini dijamin bakal membuat kepala bergoyang. apalagi di bagian sebelum chorusnya.

[caption id="attachment_266944" align="aligncenter" width="480" caption="member EXO bukan pagar bagus cr:facebook SMTown"]

1370933368458981202
1370933368458981202
[/caption]

Setelah membahas lagu, sekarang saya mencoba membahas video klipnya. MV Wolf akan dibuat dalam dua versi, yaitu kotak dan drama. Kotak yang saya maksud adalah mv standar dari SM Entertainment. Artis mereka selalu menyanyi dan menari di dalam studio dengan setting yang sebenarnya di daur ulang dari satu artis ke artis lain. Ya mau bagaimana lagi, SM memang terkenal pelit.

Untungnya properti di studio ini cukup bagus. Di bagian atas, ada set yang menyerupai taring serigala. Kalau untuk kostum, ya standarlah untuk ukuran SM.

[caption id="attachment_266947" align="aligncenter" width="512" caption="ending pose Wolf cr:http://oddnessweirdness.blogspot.com/2013/05/exos-2nd-teaser-for-wolf-is-hilarious.html"]

13709334991166143465
13709334991166143465
[/caption]

Bagaimana koreografinya? Artis SM kan terkenal jago menari. Karena judulnya Wolf alias serigala, maka member EXO mencoba untuk memvisualisasikan gerakan serigala. Mulai dari melompat, berlari, menyalak, melolong, menerkam, mengais, menggaruk, mengibaskan bulu, sampai mengesot (?). Pose awal mereka saja sudah unik. 12 member EXO meniru pohon. Jadi ada yang menjadi batang, ranting. Bahkan ada juga yang berpura-pura menjadi serigala yang keluar dari gua. Pokoknya mereka pasti capek saat membawakan lagu ini.

Dan ternyata menyaksikan video mereka kembali setelah ada perasaan suka, berbeda dengan saat masih biasa-biasa saja. Sekarang lebih perhatian, detil, dan cerewet. Jadi lupa umur, lupa punya suami, lupa sudah punya anak.

Pas melihat penampilan member EXO saya langsung memiliki komentar tersendiri. Kai, kamu tidak cocok dengan dread lock hair. Suho, suara kamu yang paling bagus (ditelinga saya). Tao, rambutmu bagus sekali apalagi ketika poninya hampir menutup separuh mata (haha… mulai deh). Luhan, kamu kurus sekali nak, mau tante suapin? (eh). Kyungso, kamu serigala dari TK mana?. Sehun, ya ampun itu rambut atau kemoceng. Xiumin, kayaknya dietnya berhasil bagi rahasianya dong. Kris, subhannallah. Baekhyun, please, kamu yang paling nggak cocok jadi serigala. Nggak ada seramnya sama sekali. Lay, mulai sekarang kalau pakai kaos jangan yang ada lengan ya. Chanyeol, kuku kamu nggak apa-apa kan garuk-garuk terus? Chen, walau part solo kamu sedikit tapi tetap keren kok.

[caption id="attachment_266949" align="aligncenter" width="480" caption="Pose nggak cool EXO-K cr:facebook SM Town"]

13709335961866351973
13709335961866351973
[/caption] [caption id="attachment_266952" align="aligncenter" width="480" caption="pose yg diniatkan cool EXO-M cr: facebook SM Town"]
13709337012055986573
13709337012055986573
[/caption]

Inti dari posting saya kali ini adalah sekarang idol grup korea saya bertambah. Tidak lagi dua melainkan tiga. Big Bang, Beast, dan EXO. Dan untuk Lee Soo Man, tolong, mulai sekarang dan seterusnya biarkan 12 serigala ini tumbuh dan mencari makan bersama-sama. Jangan pisahkan lagi mereka dalam M dan K. Cukup hanya satu EXO.

Skor: 4/5

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun