Gayahidup

Booming 10 Tahap Skincare Korea, Berani Coba?

7 Desember 2017   13:55 Diperbarui: 7 Desember 2017   14:06 364 0 0
Booming 10 Tahap Skincare Korea, Berani Coba?
10koreanskincareroutine-5a28e536f33a2d18bc4e65b2.jpg

Walaupun rata-rata berwajah 'plastik', namun tak dapat dipungkiri jika orang Korea punya wajah super mulus dambaan semua wanita. Kulit wanita Korea juga terlihat sehat dan berseri. Nah, di balik semua itu, ternyata ada 10 tahap Skincare Korea yang harus mereka tempuh.

Rumit? Sejujurnya, ya, tapi hasilnya pasti setimpal dengan kerumitan yang dijalani. Lalu, tahap apa saja yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil kulit cantik bak artis Korea? Ini dia jawabannya.

1. Pre-Cleanse

Cleansing Oil (k-beauty-europe.com)
Cleansing Oil (k-beauty-europe.com)
Apa itu Pre-Cleanse? Nah, perlu kamu tahu bahwa orang Korea rutin membersihkan wajahnya dalam dua tahap. Sebelum mencuci wajah secara konvensional, mereka biasanya akan membersihkan sisa makeup terlebih dahulu. Pembersih yang dianjurkan adalah pembersih yang oil-based atau berbahan dasar minyak.

Pembersih berbahan dasar minyak dirasa mampu mengusap sisa makeup secara efektif. Selain itu, kandungan minyak alami juga membantu melembapkan dan menutrisi kulit wajah.

2. Cleansing

Facial Wash (projectvanity.com)
Facial Wash (projectvanity.com)
Orang Korea percaya bahwa kulit yang benar-benar bersih adalah kunci dari kecantikan. Makanya, mereka melakukan tahap kedua ini. Nah, tahap ini adalah tahap pembersihan konvensional menggunakan sabun. Bukan sembarang sabun, orang Korea cenderung menggunakan bahan alami untuk sabun yang mereka pilih.

3. Exfoliation

Exfoliator (ohlolly.com)
Exfoliator (ohlolly.com)
Tidak cukup dengan double cleansing, orang Korea juga hobi melakukan eksfoliasi. Tahap ini cukup penting, apalagi bagi kamu yang kesehariannya sering menggunakan makeup berat. Tapi, perlu diingat jika tahap ini cukup dilakukan maksimal dua kali dalam seminggu.

Jenis exfoliator di pasaran juga bermacam-macam, baik secara bentuk, cara pemakaian, hingga bahan-bahan yang dikandungnya. Namun, pastikan kamu memilih produk yang benar-benar sesuai dengan jenis dan keadaan kulit untuk menghindari iritasi.

4. Toner

Toner (beautymnl.com)
Toner (beautymnl.com)
Mau kulit bersih dari jerawat? Konon rahasianya ada pada keseimbangan pH kulit. Nah, manfaat ini bisa kamu dapatkan dari tahap toning. Selain menyeimbangkan pH kulit wajah, tahap keempat dalam 10 tahap Skincare Korea ini juga punya segudang manfaat lain.

Ada dua cara yang bisa kamu coba saat mengaplikasikan toner ke wajah. Pertama dengan cara menepuk-menepuk wajah, sedangkan cara kedua bisa kamu lakukan dengan menggunakan kapas.

5. Serum

Serum (stylestory.com.au)
Serum (stylestory.com.au)
Serum memiliki bahan aktif dengan konsentrasi yang cenderung tinggi. Makanya, tahap pemberian serum ke kulit ini juga jangan sampai terlewat karena manfaatnya bisa kamu rasakan hingga jangka panjang. Selain mudah meresap, serum juga mudah dari segi pengaplikasiannya.

Gunakan setidaknya 1 hingga 3 tetes ke seluruh wajah untuk kulit sehat dan cerah. Tapi, perlu diingat juga untuk memilih jenis serum yang benar-benar cocok dengan keadaan dan kebutuhan kulit.

6. Essence

intothegloss.com
intothegloss.com
Agak mirip dengan serum, Essence juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama, namun dengan bonus melembapkan kulit. Bedanya, konsentrasi Essence lebih ringan dibanding dengan serum. Sementara itu, Essence bisa dibilang lebih kental, namun tidak seberat moisturizer.

7. Masker

Sheet Mask (honeysu.com)
Sheet Mask (honeysu.com)
Sadar atau tidak, sheet mask makin populer setelah 10 step Korean Skincare mulai diperkenalkan dan digandrungi masyarakat. Selain praktis, kandungan essence dalam sheet mask juga baik untuk memperbaiki kondisi kulit. Nilai plusnya, masker Korea memiliki varian yang super lengkap!

8. Eye Cream

Eye Cream (cosmo.ph)
Eye Cream (cosmo.ph)
Jangan cuma memerhatikan wajah, mata juga perlu untuk dirawat supaya tetap kelihatan segar dan tidak cepat berkerut. Hanya saja, perawatannya sedikit berbeda dari kulit wajah karena bagian mata cukup sensitif. That's why kamu perlu krim khusus untuk merawat bagian mata. Tidak mau mata berkerut lebih cepat, kan?

9. Pelembap

Moisturizer (ladyfoxmakeup.blogspot.com)
Moisturizer (ladyfoxmakeup.blogspot.com)
Nah, step ini bisa dibilang jadi bagian paling penting dari kesepuluh Korean Skincare routine. Wajah yang lembap dan sehat tentu akan memancarkan kecantikan kulit kamu. Untuk itu, coba alokasikan sedikit dana untuk membeli pelembap berkualitas.

Penggunaannya sendiri harus rutin, baik pagi dan malam hari. Untuk malam hari, kamu bisa menggunakan pelembap dalam bentuk Night Cream atau Sleeping Mask yang sedang booming akhir-akhir ini.

10. Tabir Surya

Sunscreen (k-beauty-europe.com)
Sunscreen (k-beauty-europe.com)
Penggunaan tabir surya atau sun screen juga dianjurkan bagi kamu yang sering beraktivitas di siang hari, tak terkecuali bagi kamu yang sering berada di dalam ruangan. Terik matahari siang terbukti berbahaya bagi kulit kamu. Maka, proteksi yang maksimal diperlukan untuk investasi masa depan.

Berani coba?