Mohon tunggu...
Sekar Gusti
Sekar Gusti Mohon Tunggu... Mahasiswa - hai guys

hallo!

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Finansial Pribadi di Masa Pandemi

13 Juli 2021   21:50 Diperbarui: 13 Juli 2021   21:56 109 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Finansial Pribadi di Masa Pandemi
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dimasa pandemi ini semua memang sedang tidak baik, dari segi kesehatan, lingkungan dan keuangan. Saat masa PPKM sekarang ini banyak masyarakat yang kehilangan semuanya. Kehilangan keluarganya akibat terpapar covid-19 bahkan kehilangan pekerjaannya. Ada yang tidak kehilangan pekerjaanya tetapi. Gaji mereka yang tidak penuh. Yang mengakibatkan finansial turun drastis. 

Banyak hal yang harus kita ubah dari kehidupan kita. Dari mulai kita yang diwajibkan menggunakan masker, tidak berkerumun, dan menggunakan uang yang kita dapatkan setiap bulan secara bijak. Tidak menuruti lifestyle sebelum pandemi. 

Dengan adanya tempat hiburan ditutup akan membantu kita dalam meminimalisir pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Kita pasti bosan dirumah jika semua tempat hiburan ditutup. Tetapi bisa kita mengisi waktu luang kita dengan keluarga kita contohnya seperti :

1. Olahraga bersama keluarga dirumah. Sangat mudah dan tidak mngeluarkan uang. bisa dengan jalan pagi dikomplek atau cukup dengan berjemur didepan rumah sambil menyiram tanaman atau menyapu halaman rumah. Tetapi tetap mengikuti protokol.

2. Bisa dengan nonton bareng dengan keluarga di rumah. Hal ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersamasama untuk mengisi waktu luang

3. Bisa juga dengan memulai untuk makan makanan yang bergizi. Masak sendiri dirumah lebih baik untuk kesehatan kita masing masing. Dengan memakan sayur dan buah setiap hari akan menaikan imun kita dimasa pandemi ini.

Tetapi dgn pandemi ini uang kita harus dikelola dgn baik dan benar supaya tidak digunakan setidak mestinya. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan kita dalam mengatur keuangan disaat pandemi ini:

1. Mempriopitaskan hal yang diperlukan bukan yang diinginkan.

Seperti kalimat diatas adalah diperlukan. Membeli barang barang penting. Seperti beras minyak, telor, mie dll. Bukan membeli harang yang diinginkan seperti baju, sepatu dll. Boleh kita membelinya tetapi tidak berlebihan secukupnya aja.

2. Mengatur keuangan sesuai dengan pendapatan.

Menghitung seluruh pengeluaran seperti listrik,air, uang sekolah, dll. Mengurangi bukan berarti memberhentikan tetapi mengurangi pemakaian seperti ac, peralatan masak, lampu dirumah semua dimatikan disaat tidak dibutuhkan. Itu cukup mengurangi pengeluaran listrik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN