Mohon tunggu...
Pretty Sefrinta Anggraeni
Pretty Sefrinta Anggraeni Mohon Tunggu... Bachelor of Psychology | Guidance Counselor

Never stop learning. Never stop thinking | Ig: sefrintapretty

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Agar Belajar Daring Tidak Garing

26 November 2020   09:44 Diperbarui: 26 November 2020   09:59 164 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Agar Belajar Daring Tidak Garing
https://mmc.tirto.id/image/otf/880x495/2020/06/29/ilustrasi-belajar-online-istock--1_ratio-16x9.jpg

Setiap aktivitas di rumah merupakan proses belajar bagi anak. Anak belajar untuk mengamati, memahami, dan meniru. Aktivitas keseharian di rumah merupakan pelajaran nyata bagi anak untuk membentuk karakter dan kecakapannya. Di rumah anak belajar mengelola emosi melalui sikap, perilaku, dan dukungan yang tepat dari ayah dan bunda. Hal ini sebagaimana hadist Rasulullah SAW : “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” (HR Imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash r.a.

Anak tumbuh dan berkembang baik secara fisik, pengetahuan, sosial maupun emosional. Tidak ada anak yang mampu berkembang secara optimal dengan upayanya sendiri. Sejak masih bayi upaya anak untuk mengenal lingkungannya selalu diperantarai oleh orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu orangtua mempunyai peran besar dalam mendukung dan mengarahkan anak ketika belajar, terutama pada saat pandemi seperti sekarang, dimana anak belajar melalui daring (online) di rumah. Berikut beberapa tips yang sekiranya dapat membantu Ayah dan Bunda dalam mendampingi anak belajar di rumah :

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan bagi Anak

Ajak anak untuk menyiapkan dan merapikan ruangan serta peralatan belajar senyaman mungkin. Ciptakan komunikasi yang baik dan positif dengan anak, seperti memberikan pujian, senyuman dan motivasi.

2. Buatlah Aturan dan Jadwal Harian Bersama Anak

Anak akan mampu belajar menyusun prioritas, pembagian waktu yang tepat, dan melatih disiplin serta tanggungjawab mereka. Aturan dan jadwal harian yang telah dibuat bersama anak bisa ditempel atau dipajang di ruang tengah sehingga anggota keluarga dapat mengingatkan anak untuk mejalankan aturan dan jadwal yang telah disepakati. Selain itu, tinjau ulang jadwal harian anak setiap satu minggu sekali.

3. Kenali Gaya Belajar Anak

Mengenali gaya belajar anak dapat mempermudah anak dalam menyerap informasi dan materi yang diberikan. Berdasarkan jenis dan karakteristiknya gaya belajar dibedakan menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.

4. Ajak Anak untuk Bergerak Meskipun Di Rumah

Ajak anak untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan gerak anggota badan, bisa dengan berolahraga, membuat kreasi dari barang bekas dan membantu pekerjaan rumah.

5. Jadwalkan Screen Time untuk Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x