Mohon tunggu...
Sechudin
Sechudin Mohon Tunggu... Wiraswasta - #wartaklasik

Jurnal Lokal

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tarhib Ramadan: Bukti Kebahagiaan Menyambut Bulan Suci Ramadan

10 Maret 2024   16:59 Diperbarui: 10 Maret 2024   17:06 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tarhib Ramadan, atau serangkaian kegiatan dan persiapan menyambut bulan suci Ramadan, bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga menjadi bukti nyata kebahagiaan yang dirasakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Menyambut kedatangan Ramadan bukan hanya sekadar menanti waktu berbuka puasa, tetapi juga sebuah peristiwa yang dinanti-nantikan dengan penuh kegembiraan dan harapan.

Pertama-tama, Tarhib Ramadan mencerminkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam komunitas Muslim. Mulai dari pembersihan masjid, persiapan sajian berbuka puasa bersama, hingga kerjasama dalam kegiatan amal, semua ini menciptakan ikatan sosial yang kuat di antara umat.

Kebahagiaan Tarhib Ramadan juga tercermin dalam semangat untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ramadan adalah waktu di mana umat Muslim berusaha untuk meningkatkan ibadah, memperdalam hubungan dengan Allah, dan memperbaiki akhlak serta perilaku.

Selain itu, Tarhib Ramadan juga menghidupkan kembali tradisi-tradisi keagamaan dan budaya yang melekat pada bulan Ramadan. Mulai dari menghias masjid, membaca Al-Quran, hingga membagikan santunan kepada yang membutuhkan, semua ini merupakan bagian integral dari kebahagiaan menyambut Ramadan.

Namun, kebahagiaan Tarhib Ramadan juga harus disertai dengan refleksi dan introspeksi diri. Ramadan bukan hanya tentang merayakan kegembiraan, tetapi juga tentang kesadaran akan tanggung jawab dan komitmen untuk melakukan perubahan positif dalam diri dan masyarakat.


Dalam keseluruhan, Tarhib Ramadan bukan sekadar sebuah ritual, tetapi juga sebuah manifestasi dari kebahagiaan spiritual yang mendalam. Melalui Tarhib Ramadan, umat Muslim dapat merasakan kebersamaan, kedamaian, dan kebahagiaan yang sejati dalam menjalani ibadah puasa dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Semoga semangat Ramadan membawa kebahagiaan dan berkah bagi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun