Mohon tunggu...
Sechudin
Sechudin Mohon Tunggu... #wartaklasik

Jurnal Lokal

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Berkunjung ke Alun-alun Kota Dawet Ayu

22 Januari 2021   09:05 Diperbarui: 22 Januari 2021   09:16 238 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkunjung ke Alun-alun Kota Dawet Ayu
Gerbang Utama Alun-alun Banjarnegara (Dokpri)

Banjarnegara- Ketika kita mendengar kata Banjarnegara, maka pertama kali yang muncul pada pikiran kita adalah minuman kasnya, yaitu Dawet Ayu. Minuman ini adalah salah satu hal yang menjadi khas Banjarnegara yang sudah dikenal sampai pelosok negeri bahkan sampai ke luar negeri. Dan jika kita pernah berkunjung ke alun-alun kota ini, maka pertama kali ketika kita sampai di gerbang alun-alun utama Banjarnegara, maka kita akan disambut oleh senyum patung dua sejoli penjual dawet ayu. Di depan patung tersebut tertulis tulisan Banjarnegara dengan huruf kapital berwarna kuning emas dan di belakang patung tersebut terpampang empat tugu besar yang berjejer, dan dua tugu yang di tengah tersambung dengan tulisan alun-alun berwarna perak, tepat di atas tulisan alun-alun tertulis Banjarnegara Gilar-gilar yang membentuk setengah lingkaran berwarna kuning emas.

Bonsai Pohon Beringin Raksasa (Dokpri)
Bonsai Pohon Beringin Raksasa (Dokpri)

Salah satu kekhasan alun-alun adalah ada bangunan masjid disebelah baratnya, kemudian pendopo disebelah utara alun-alun, kantor Bupati berada disebelah timur alun-alun tersebut dan hampir semua alun-alun memiliki pohon beringin, nah ngomong soal pohon beringin, mungkin ada sedikit berbeda dengan pohon beringin yang ada di alun-alun daerah lain dibandingkan dengan pohon beringin yang berada di Banjarnegara ini, pasalnya pohon beringin yang berada di Banjarnegara adalah pohon beringin bonsai, yah betul bonsai pohon beringin raksasa. apa kalian penasaran dengan pohon beringin bonsai yang berada di alun-alun Banjarnegara, kalau penasaran silahkan berkunjung kesini atau ketika melewati banjarnegara silahkan mampir dan jangan lupa untuk berfoto ria dan mengabadikan moment tersebut di instagram.

Fasilitas di Alun-alun Banjarnegara (Dokpri)
Fasilitas di Alun-alun Banjarnegara (Dokpri)

Di alun-alun Banjarnegara juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, diantaranya adalah kursi santai, selain kursi untuk bersantai dan menikmati indahnya kota banjarnegara di alun-alun Banjarnegara juga sudah dilengkapi dengan sarana cuci tangan agar para pengunjung senantiasa tetap menjaga kesehatan terutama dari ancaman virus covid-19. Dimasa pandemi seperti sekarang ini yang masih juga belum usai jangan lupa untuk tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan terutama 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan).

Tempat Cuci Tangan (Dokpri)
Tempat Cuci Tangan (Dokpri)

Media Informasi (Dokpri)
Media Informasi (Dokpri)

Bagi yang berkunjung ke alun-alun Banjarnegara juga jangan takut ketinggalan berita dan informasi terkini, karena di alun-alun Banjarnegara juga sudah dilengkapi dengan papan media informasi yang terus uptodate setiap harinya.

Tugu Bundaran Bangjo Banjarnegara (Dokpri)
Tugu Bundaran Bangjo Banjarnegara (Dokpri)

Alun-alun Banjarnegara tampak dari Tengah (Dokpri)
Alun-alun Banjarnegara tampak dari Tengah (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN