Mohon tunggu...
Scoundrell Scooter
Scoundrell Scooter Mohon Tunggu...

jauhkan korupsi diantara kita

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara

Perjanjian Kontrak Politik Caleg dengan Warga

19 Maret 2018   00:41 Diperbarui: 19 Maret 2018   01:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Perjanjian Kontrak Politik Caleg dengan Warga
www.dominion.mediacoop.ca

Jadilah Tim Sukses Yang Baik Bagi Para Caleg

Pemilu memang setahun lagi digelar tapi sosialisasi partai dan caleg sudah mulai dilaksanakan. Terpilihnya para caleg tergantung dari strategi tim suksesnya. Tanpa sukses mustahil para caleg bisa mendapatkan kursi. Untuk itu para caleg hendaknya loyal terhadap para tim sukses, jika caleg pelit, jangan harap bisa mendapatkan kursi.

Sebagai tim sukses jangan memanfaatkan keadaan, maksudnya jangan memanfaatkan loyalitas para caleg. Karena tidak sedikit caleg keluar uang jutaan, ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah. Tapi jumlah suara yang didapatkan para caleg jauh dari target, mereka hanya memanfaatkan uang para caleg saja dan tidak maksimal dalam sosialisasi mengkampanyekan caleg yang diusungnya.

Caleg Harus Siap Kalah

Kembali ke rezeki dan faktor keberuntungan, semua sudah diatur oleh yang maha kuasa. Walaupun tim sukses sudah maksimal dalam mensosialisasikan calegnya, dan caleg jor joran mengeluarkan uang. Jika Allah tidak mengijinkan caleg untuk mendapatkan kursi. Caleg harus siap menerima kekalahan, karena tidak sedikit para caleg yang depresi akibat dari tidak mendapatkan kursi.

Para caleg hendaknya mengikhlaskan pemberian-pembariannya kepada tim suskese dan masyarakat. Anggap saja uang dan sembako yang telah diberikan kepada tim sukses dan masyarakat, sebuah sodakoh. Jadi ketika tidak mendapatkan kursi, para caleg tidak depresi dan tidak menuntut kepada tim suskes. Karena dalam beberapa kasus ada seorang tim sukses sampai dibongkar rumahnya oleh caleg karena tidak mendapatkan kursi.

Masyarakat Harus Cerdas

Sudah menjadi rahasia umum jika money politik masih terjadi dimasyarakat. Itu sih sah sah saja, namanya juga dikasih ya ambil aja, tapi dengan uang tersebut masyarakat hanya mendapatkan uang hari itu saja. tanpa mendapatkan keuntungan jangka panjang. Padahal jika masyarakat membuat kontrak politik dengan caleg, masyarakat akan mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Buat Kontrak Politik Dengan Caleg

Anggota DPRD KOTA/KABUPATEN adalah paling dekat dengan rakyat, untuk itu pernjanjian politik harus dilakukan, Karena secara langsung masyarakat bisa menyalurkan aspirasinya. Seperti pembuatan jalan, pembangunan pos ronda, lapangan pekerjaan dsb, tergantung keinginan masyarakat diwilayah pilihannya.

Untuk itu caleg, tim sukses dan masyarakat harus membuat perjanjian. Bentuk perjanjiannya seperti "Terhitung Sejak Saya Dilantik Menjadi Anggota DPRD KOTA BOGOR, Saya Akan Menyanggupi Keinginan Aspirasi Masyarakat di RW 17 Kelurahan Babakan". Dan perjanjian tersebut ditanda tangani warga RW 17, ketua RW 17, Kepemudaan RW 17, para ketua RT 17, Tokoh masyarakat RW 17 dan beberapa warga RW 17.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x