Mohon tunggu...
Sayyidul Mubin
Sayyidul Mubin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa HI UPNYK

Seorang Pelajar yang berusaha untuk menjelajahi luasnya dunia ilmu pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Politik Luar Negeri dan Studi Keamanan: Sebuah Pendekatan Teoritis

17 Mei 2022   02:06 Diperbarui: 17 Mei 2022   02:09 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam Artikel ini, penulis mencoba untuk mencari sebuah petunjuk dan juga jalan tengah mengenai hubungan yang terjadi antara dua studi sekaligus. Yaitu studi politik luar negeri, dan juga studi keamanan. Dimana dua studi ini merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang tidak bisa lepas dari diskursus dan diskusi para akademisi Ilmu Hubungan Internasional, baik itu secara teori, secara praktik, maupun secara kaitan dan perubahannya mengikuti perkembangan zaman.        

Apa itu Politik Luar Negeri ?

Menurut Holsti, Politik Luar Negeri merupakan sebuah hal yang menjembatani batas wilayah dalam negeri dan juga lingkungan internasional. Hal-hal yang berhubungan dengan politik luar negeri bisa berupa sebuah hubungan diplomatik, sebuah doktrin, aliansi, dan juga keputusan tujuan dari jangka panjang atau jangka pendek (Holsti, 1988). 

Secara lebih mudah, politik luar negeri merupakan sebuah instrumen yang dipakai oleh negara atau komunitas politik untuk berperilaku atau beraktivitas di dalam dunia Internasional. 

Maka dari itu, Politik Luar Negeri merupakan salah satu fokus kajian dari Ilmu Hubungan Internasional yang cukup penting untuk dipelajari dan didiskusikan.

Berbagai definisi ini mengerucutkan sebuah pemahaman bahwa Politik Luar Negeri merupakan sebuah kajian yang fokus utamanya ialah memperhatikan intensi (makna), pernyataan, dan tindakan-tindakan aktor (negara/komunitas politik) yang ditujukan ke pihak eksternal dan responnya terhadap intensi, pernyataan, dan tindakan ini (Gerner, 1995).

Definisi Studi Keamanan

Sampai saat ini, keamanan merupakan sebuah hal yang bersifat contested concept, atau sebuah konsep yang secara argumentatif diartikan menantang untuk ditemukan artinya (Hough, 2004). 

Keamanan disini tidaklah suatu yang bisa diartikan secara solid, melainkan ketidakaturan konsep dari keamanan sendiri dipengaruhi oleh pengaruh-pengaruh yang membuatnya menjadi ilmu yang menarik untuk dipelajari. 

Hal ini dikarenakan, keamanan merupakan sangat erat kaitannya dengan sebuah perasaan dan juga tempat dimana persepsi itu ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan