Mohon tunggu...
Sayekti
Sayekti Mohon Tunggu... Mahasiswa - love to read and write

cheer up !!

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengintip Koleksi Museum-Museum di Jawa Tengah

15 Oktober 2021   21:51 Diperbarui: 15 Oktober 2021   22:06 122 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Museum Kars Indonesia berlokasi di Wonogiri (sumber: https://www.instagram.com/museumkars)

Berkunjung ke museum menjadi salah satu pilihan wisata masyarakat. Melalui museum, pengunjung dapat menyaksikan koleksi yang disajikan, serta mempelajari informasi di dalamnya. Selain sebagai kegiatan refreshing banyak ilmu yang didapatkan dengan mengunjungi museum. 

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Terdapat banyak jenis museum berdasarkan koleksinya. Museum seni, museum sejarah, museum biografi, dan lain-lain. Di Jawa Tengah terdapat Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Manusia Purba Sangiran, dan Museum Ranggawarsita serta berbagai museum lain. Untuk mengunjungi semua museum yang ada dalam satu waktu tentu terdengar mustahil ya ? Namun kini kita dapat melakukannya melalui virtual tour.

PAMERAN BERSAMA VIRTUAL

Tampilan halaman utama website ( https://pameranbersamavirtual.id/)
Tampilan halaman utama website ( https://pameranbersamavirtual.id/)

Yap Virtual Tour ! Wisata yang bisa dibilang irit ongkos dan waktu. Kini kita dapat berkunjung ke Museum di Jawa Tengah secara virtual melalui website berikut ini .Sejak diluncurkan pada 2020 tercatat pengunjung pameran sejumlah 6411. Melalui website ini kita dapat menyaksikan 210 koleksi dari 21 museum yang berpartisipasi. "Pameran Bersama Virtual" adalah pameran virtual yang diselenggarakan oleh Museum Ranggawarsita. 

Dengan mengusung tema "Kolaborasi tanpa batas", pameran ini ditujukan sebagai sarana belajar bersama pada era pandemi. Pada halaman utama website ditampilkan kata sambutan penyelenggara serta video mengenai "Pameran Bersama Virtual". Jika digulir ke bawah, selanjutnya akan muncul katalog mengenai museum yang berpartisipasi serta koleksinya. Kemudian, di bawah katalog tersebut dapat dijumpai Menu menuju ruang pamer masing-masing museum. Pengunjung tinggal mengklik pada gambar/ nama museum yang ingin dikunjungi

MENAMPILKAN KOLEKSI UNGGULAN, VIDEO, DAN 3D EXPO

Pada halaman tiap museum terdapat deskripsi singkat mengenai sejarah serta profil museum. Kemudian koleksi museum ditampilkan dalam 3 bentuk media. Pertama dengan gambar pada menu "Koleksi Unggulan". Pada menu ini, ditampilkan beberapa gambar koleksi unggulan beserta deskripsinya. Melalui gambar tersebut pengunjung dapat dengan jelas mengamati benda koleksi yang dipotret dalam jarak dekat. 

Deskripsi yang tertulis juga cukup jelas menceritakan benda koleksi layaknya di museum sungguhan. Kemudian media selanjutnya berupa video yang juga menceritakan profil museum. Melalui video ini pengunjung dapat mengetahui suasana museum pada kondisi normal, gedung dan ruang museum, serta koleksi yang ada. Selanjutnya koleksi museum juga ditampilkan dalam "3D Expo". Media ini tentunya paling menarik karena pengunjung seakan berada di dalam ruang museum. Museum ditampilkan dalam sebuah gedung 3 dimensi.

 Layaknya game PUBG Mobile, pengunjung dapat berjalan-jalan pada area ruang pamer museum. Caranya sangat mudah, tinggal mengarahkan kursor ke arah yang ingin dituju, kemudian tinggal di klik pada area tersebut. Foto-foto koleksi ditempelkan pada dinding ruang pamer. Selanjutnya bila diklik akan muncul deskripsi benda tersebut. Sungguh pengalaman yang seru dan baru dalam wisata museum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan