Mohon tunggu...
Satriyo Wibowo
Satriyo Wibowo Mohon Tunggu... Musisi - I'm Ordinary people - Cofounder SMI

#musician #songwriter #guitarist #composer #sekolahmusikindonesia @wibowoproject @kabarsegalamusim @ukuleleworship

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Mimpi Jadi Produser Musik

8 Januari 2020   17:24 Diperbarui: 8 Januari 2020   17:37 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa bisa? dan bagaimana caranya? terus mulai dari mana? dan apalagi soal biaya, butuh berapa? dan harus keluarin apa saja? bingung yang di pikiran saya waktu itu..

Kondisi sudah keliatan tidak mungkin, belum tahu caranya dan pasti kendala di biaya lah wong keuangan saja ga pasti dan penghasilan cukup untuk hidup dan kebutuhan keluarga saja. Ah mimpi kalau mau jadi produser musik.. saat itu saya harus bangun dari tidur supaya ga mimpi terlalu muluk.

Ada tekad kecil saat itu muncul di hati, dan membuat saya melangkahkan kaki dan mengumpulkan kekuatan, keberanian untuk menjalani mimpi saya ini. Rasanya tidak bisa melupakan mimpi itu apalagi menghapusnya dari pikiran saya, semakin saya tinggal maka semakin selalu menghantui. Oh itu yang namanya mimpi, saya baru sadar ternyata mimpi itu:

1. Gratis
2. Bebas mau mimpiin apa
3. Ceritanya bisa milih yang bagus
4. Tidak harus sekarang dicapai, tetapi suatu saat.. masih banyak waktu
5. Have fun saja
6. cuek untuk hal-hal yang merintangi mimpi itu

Akhirnya saya mulai mengambil langkah belajar apa itu producer musik, dan apa saja yang harus disiapkan. Yah, pastinya saya belajar lewat youtube, di sana banyak tutorial dan bahkan sharing-sharing dari para produser musik yang profesional dan mendunia. Jadi saya ambil inti-intinya saja sekiranya yang bisa saya kerjakan maka point itu saya ambil dan mulai untuk bekal mimpi saya.

Yang saya punya hanya:
1. Lagu-lagu
2. Kemampuan recording
3. Bisa produksi musik yah sambil masih belajar
4. Sudah tahu jalurnya ke Youtube dan digital plarform
5. Bisa berdoa kepada Tuhan
6. Dukungan dari istri dan anak

Maka dari itu dengan 6 bekal ini saya mulai melangkah 1 langkah kaki kanan lalu dilanjutkan dengan melangkahkan kaki kiri, yang artinya saya maju kedepan dengan apa yang saya punya demi mencapai mimpi itu. 

Ketakutan yang saya temui awal-awal mulai mengkikis dan menghilang dengan diganti dengan keberanian, optimis, dan berapi-api karena di situ mulai pintu dibukakan, jalan diluruskan, dan jalan semakin lama semakin terang.. sehingga timbul ada pengharapan dan kepastian bahwa saya suatu saat pasti bisa dan bilang bahwa saya seorang produser musik.

Setelah setahun berlalu akhirnya saya bisa merasakan mimpi itu jadi kenyataan, tujuan saya tercapai.. jalan yang saya lewati membawa saya kepada tempat atau tujuan yang saya impikan. Wah.. ga terasa sampai juga :-) lega.. 

Puji Tuhan jalan pertama yang saya lalui sudah selesai 1 track, itulah menjadi modal saya untuk melanjutkan perjalanan saya dari titik ini. Karena apa? karena masih ada jalan dan rintangan yang saya harus hadapai, next level dan mulai maju jauh ke depan.. 

Ini bukan tujuan akhir tapi saya ingin suatu saat saya bisa memenangkan AMI Award dari mimpi kecil saya ini.. ah AMI Award? mimpi lagi..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun