Mohon tunggu...
Satria Nur Hidayat
Satria Nur Hidayat Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

D4 Informasi dan Humas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Mengembangkan Sosial Media Resmi Desa Mranggen untuk Edukasi Masyarakat

29 November 2021   19:23 Diperbarui: 29 November 2021   19:31 29 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. Instagram @desa.mranggen

Di era serba digital ini membuat kita baik perorangan maupun organisasi pemerintahan untuk lebih adaptif dan kreatif untuk menyebarkan informasi. Ditambah lagi pandemi COVID-19 yang belum usai membuat aktivitas tatap muka menjadi terbatas dan belum bisa dilakukan secara optimal. Penyebaran informasi yang sebelum masa pandemi dilakukan secara konvensional, sekarang ini mau tidak mau untuk menjangkau khalayak masyarakat yang lebih luas harus dikamas dalan format digital.

Hal ini yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Mranggen, Kecamatan Marnggen, Kabupaten Demak. Baru -- baru ini pada Rabu (03/11) Pemerintah Desa Mranggen meresmikan akun media sosial Instagram sebagai sarana penyampaiaan informasi. Pemilihan Instagram sebagai sosial media pertama yang dipilh tidak lepas dari kemudahan dan kepopuleran platform ini di tengah tengah generasi milenial atau yang berumur 18 -- 25 tahun.

Hal ini sebagai salah satu langkah untuk melakukan distribusi informsi dengan kreatif dan efisien serta sebagai sarana promosi kegiatan yang suda dilakukan oleh Pemerintah Desa Mranggen. Senelum ini ketika warga masyarakat ingin mendapatkan informasi harus menuju kantor Balai Desa Mranggen tetapi, sekarang cukup memeriksa dan menghubungi akun media sosial Pemerintah Desa Mranggen semua bisa terjawab.

Selain itu koten yang diunggah diutamakan untuk edukasi terkait penanganan COVID-19, pelayanan sentra vaksinasi dan bantuan sosial selama pandemi yang dilakukan oleh Desa Mranggen. Selain itu, konten selingan yang diunggah juga megadopsi isu -- isu terkini terkait COVID-19 di Desa Mranggen hingga pengetahuan  dan informasi umum lainnya yang beragam. Warga masyarakat di Desa Mranggen menanggapi positif terkait dengan adanya akun resmi ini diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah Desa Mranggen secara lebih efektif.

Dok. Instagram @desa.mranggen
Dok. Instagram @desa.mranggen

"Semakin maju dan transparan desa Mranggen... update terus seluruh kegiatan di Desa Mranggen bapak ibu admin" ujar salah satu pengikut dengan @hanung_ayuning melalui fitur komentar.

Kepala Desa Mranggen, H. Kemad Arifin, S. Pd. Menyampaikan apresiasi yang luar biasa telah diresmikannya sosial media Pemerintah Desa Mranggen "Hal ini merupakan inisiatif yang baik yang dari teman -- teman perangkat desa dibantu oleh mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Diponegoro untuk memudahkan warga masyarakat mendapatkan informasi terkit birokrasi, adminsitrasi dan lain sebagainya" ujar beliau.

Kedepannya modifikasi dan penambahan konten yang menarik perlu dikembangkan untuk lebih menarik perhatian warga masyarakat terutama pengguna Instagram di lingkungan Desa Mranggen. Hingga sekarang ini untuk pengikut akun sosial media Instagram Desa Mranggen sudah mencapai 68 pengikut dan terdiri dari 20 unggahan yang berasal dari berbagai sumber informasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan