Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Penulis yang sedang belajar lebih baik

Kelak, tulisan kita yang akan menjadi sejarah bahwa kita pernah bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

"Kojima", Madu Dengan 3 Kebaikan Utama yang Dapat Membuat Hari-Harimu Jadi Lebih Semangat

20 April 2021   23:44 Diperbarui: 21 April 2021   00:18 396 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Kojima", Madu Dengan 3 Kebaikan Utama yang Dapat Membuat Hari-Harimu Jadi Lebih Semangat
Ilustrasi KOJIMA, sumber: screenshot/deltomed.id

Selama berpuasa, kita pasti membutuhkan asupan nutrisi dan makanan yang sehat ketika berbuka dan sahur. Mengapa? Karena dengan itu, daya tahan tubuh kita akan lebih kuat ketika berpuasa dan tak mudah terkena penyakit. Terutama di saat pandemi seperti ini, untuk terhindar dari virus, kita membutuhkan imunitas tubuh yang kuat. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi minuman atau makanan yang bernutrisi.

Ada banyak asupan nutrisi yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadan. Kalau kita teliti, ada 3 asupan nutrisi utama yang sering dikonsumsi orang-orang di bulan Ramadan. Apa itu? Ya, Korma, Jinten, dan Madu

Korma, Jinten, dan Madu sering disebutkan keutamaannya dalam banyak hadist. Dalam hadistnya, nabi pernah menjelaskan khasiat dari jinten yang disebut juga dengan Habbatussauda.

"Sesungguhnya pada habbatussauda' terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian" (HR. Bukhari no. 5687, Muslim no. 2215)

Begitu hebatnya manfaat dari Habbatussauda sampai nabi menyebutkannya sebagai obat untuk segala penyakit. Bagaimana dengan kurma? Nabi menjelaskan dalam hadisnya :

''Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu membawa berkah. Jika tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih.'' (HR Abu Dawud).

Selain habbatussauda dan kurma, madu juga menjadi salah satu asupan nutrisi yang memiliki banyak manfaat. Allah subhanahu wata'ala berfirman :

"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. " Q.S. An-Nahl: 69

Dari hadis serta ayat yang saya sertakan di atas, menunjukkan bahwa Korma, Jinten, dan Madu memiliki keutamaan dan manfaat yang begitu besar sampai disampaikan di dalam hadis. Karena hal tersebut, banyak orang-orang yang mengonsumsi 3 asupan tersebut dalam keseharian mereka.

Di zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, akan sangat sulit jika kita harus membawa madu, kurma, dan jinten hitam secara terpisah. Belum lagi, harganya juga cukup mahal sehingga banyak orang yang sulit untuk membeli ketiganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN