Mohon tunggu...
The Sas
The Sas Mohon Tunggu... Seniman - Si Penggores Pena Sekedar Hobi

Hanya manusia biasa yang ingin mencurahkan apapun yang ada dalam isi kepala

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Transfer yang Merugikan Klub

1 Agustus 2021   12:55 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:20 180 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transfer yang Merugikan Klub
skor.id

Setiap awal musim akan bergulir, tentu klub-klub sepakbola disibukkan dengan bursa transfer: menjual, membeli, atau meminjam pemain. Begitu pula musim 2021/2022 kali ini. 

Ada klub yang untung besar dengan menjual pemain. Seperti Borussia Dortmund yang menjual Jadon Sancho ke Manchester United sebesar 85 juta euro. 

Padahal Dortmund mendapatkan Sancho dari Manchester City hanya dengan biaya murah sekitar 8 juta euro! Berkat kepercayaan dan polesan terhadap pemain muda, berulang kali Dortmund disebut klub Eropa yang melakukan bisnis pintar: membeli murah pemain, tapi menjualnya dengan mahal.

Ada juga klub yang seakan "ketiban durian runtuh" mendapatkan pemain secara free transfers. Seperti Paris Saint Germain yang mendatangkan gratis kiper Gianluigi Donnaruma dari AC Milan, bek andal Sergio Ramos (Real Madrid) dan gelandang Georginio Wijnaldum (Liverpool) yang habis kontrak di klub masing-masing. 

Atau Inter Milan yang bergerak cepat menggaet Hakan Calhanoglu dari rival sekotanya, guna menambah kekuatan lini tengah sambil menunggu kejelasan nasib playmaker mereka asal Denmark, Christian Eriksen yang kolaps akibat serangan jantung di partai awal Euro 2020 beberapa waktu lalu. 

Di Spanyol, Barcelona menampung duo penyerang penyerang Memphis Depay (Olympique Lyon) dan Sergio Aguero (Manchester City) tanpa mahar. Kemudian Real Madrid yang mendapatkan David Alaba dari Bayern Muenchen.

Lalu bagaimana dengan sebaliknya. Klub merugi adalah klub yang melepas pemainnya yang habis kontrak secara cuma-cuma ke tim lain tanpa mendapatkan uang transfer sepeser pun. 

Musim ini contoh klub tersebut adalah AC Milan. Mereka mesti gigit jari melepaskan Donnaruma dan Calhanoglu. Padahal keduanya pemain inti, dan tentunya menghasilkan uang yang tidak sedikit di tengah kesulitan klub akibat pandemi saat ini. 

Kemudian ada Muenchen, Lyon, dan Liverpool. Alaba diperkirakan seharga 58,5 juta, Depay 40,5 juta euro, dan Wijnaldum sekitar 36 juta euro. Karena semuanya pemain hebat, tentu mereka tak kesulitan mendapatkan klub baru meski habis kontrak di klub lama.

Satu lagi kriteria klub merugi adalah klub yang membeli mahal-mahal pemain namun kemudian tak berguna. Kita lihat, Inter Milan yang merekrut gelandang Radja Nainggolan dari AS Roma pada tahun 2018 sebesar 38 juta euro plus menyertakan pemain muda Nicolo Zaniolo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN