Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Lima Keuntungan Mengikuti Mudik Asik Bareng Motis 2020

10 Maret 2020   15:18 Diperbarui: 10 Maret 2020   16:38 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Keuntungan Mengikuti Mudik Asik Bareng Motis 2020
Dok. Pribadi

Tak terasa satu bulan lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan hari Idul Fitri di tanggal 24-25 Mei 2020. Hari raya Idul Fitri akan terasa lebih semarak dengan adanya mudik ke berbagai kota di Indonesia. Mudik yang menjadi tradisi setiap tahun dilakukan oleh jutaan penduduk dengan berbagai moda transportasi

Sepuluh tahun lalu banyak ditemukan pemudik dengan menggunakan sepeda motor untuk jarak jauh dengan membawa banyak barang dan anggota keluarga. 

Karena jarak yang jauh mengakibatkan pengemudi lelah atau mengantuk kemudian terjadi kecelakaan lalu lintas hingga meninggal dunia. Tingginya angka kecelakaan dengan sepeda motor saat mudik membuat banyak pihak prihatin maka dibuatlah beberapa program untuk mengurangi korban kecelakaan saat mudik. 

Salah satunya ialah Motis yang merupakan program tahunan Kementerian Perhubungan bagi pengendara motor karena motor akan diangkut gratis dengan kereta api. Ada beberapa keuntungan jika mengikuti program Motis yaitu : 

  • motor akan dikirim ke stasiun kota tujuan dengan kereta api gratis. biasanya kalau mengirim barang antar kota ada biayanya apalagi motor, dengan Motis bisa dikirim tanpa biaya sesuai kampung halaman saat mudik. hal ini akan mengurangi pengeluaran menjelang mudik jadi lebih tenang saat perjalanan mudik. 

  • bebas macet selama perjalanan. kalau selama ini mudik identik dengan macet berjam-jam di atas motor, tenang dengan Motis kita bisa menikmati perjalanan dengan santai  menggunakan kereta api. 

  • dapat fasilitas membeli tiket kereta api bagi peserta program Motis. bagi pemilik sepeda motor yang telah mendaftar Motis akan mendapat kemudahan membeli tiga tiket ekonomi kereta api selama persediaan masih ada. 

  • hemat bahan bakar minyak saat mudik. kalau pengendara motor mudik dari Jakarta ke Surabaya atau Banyuwangi yang jaraknya ratusan kilometer dan harus membeli BBM dalam jumlah besar. dengan Motis masyarakat bisa menghemat pemakaian BBM selama perjalanan dan mengurangi polusi udara. 

  • lebih aman dan nyaman menuju kampung halaman. tujuan mudik pastinya ingin silaturahmi dengan keluarga kalau kita menaiki sepeda motor resiko capek, ngantuk bahkan kecelakaan lebih besar. mengikuti program Motis membuat badan kita lebih sehat saat bertemu keluarga karena kereta api menghindarkan kita dari kecelakaan dan bisa nyaman saat bertemu dengan kerabat di hari raya. 

Pendaftaran program Motis bisa dilakukan secara online dari tanggal 26 Februari - 14 Mei 2020 dengan mengakses https://mudikgratis.dephub.go.id atau mendaftar secara langsung ke sembilan stasiun yaitu stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tangerang dan Stasiun Depok Baru. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Sedangkan untuk pendaftaran arus balik dimulai tanggal 16 Maret - 28 April 2020 di semuai stasiun persinggahan Motis. Syarat agar bisa mendaftar Motis ialah memiliki KTP, SIM, dan kartu keluarga, membeli tiket mudik kereta api terlebih dahulu atau moda lainnya dengan nama, tanggal keberangkatan dan kota tujuan yang sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x