Mohon tunggu...
Sari Wahyuni
Sari Wahyuni Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

SIM PKB Gugus III Limapuluh

23 Oktober 2017   07:14 Diperbarui: 23 Oktober 2017   07:39 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Lembar kegiatan 3

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Tuliskan Identitas

Satuan Pendidikan ( Sekolah )        : SD NEGERI 157 PEKANBARU

Kelas / Semester                             : 2/1

Tema / Sub Tema / PB                    : 2 / 3 / 3


Alokasi Waktu                                : 2 X 30 menit

Tuliskan kompetensi inti ( KI ) ( Kurukulun 2013 ) atau penulisan Standar Kompetensi (SK ) untuk kurikulum 2006 dikelas yang anda ajar .

Jawaban :

Kompetensi Inti ( KI ) merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penuguasaan sikap, pengetahuan , dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap jenjang kelas pada suatu muatan pelajaran.

Kompetensi Inti dirancang seiring dengan meninggkatnya usia peserta didik pada     kelas tertentu.

Standar Kompetensi ( SK ) adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penuguasaan sikap , pengetahuan , dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat / semester. Yaitu adanya indikator kunci, indikator pendukung , indikator kompleks .

Menulis Kompetensi Dasar dan IndiKator

Tuliskan KD dan Indikator seluruh muatan pembelajaran yang ditematikkan.

Berikut adalah contoh format penulisan untuk satu muatan pembelajaran.

Kompetensi Dasar

( KD pada KI-1 ) untuk kompetensi inti sikap kepada tuhan , sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan dan keterampilan.

( KD pada KI - 2 ) untuk kompetensi sikap social.

( KD pada KI -- 3 ) untuk kompetensi pengetahuan.

( KD pada KI -- 4 ) untuk kompetensi keterampilan.

Indicator

Jshk

Gsjh

Hgshasj

Hajh

  Menuliskan tujuan pembelajaran

Tuliskan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan KD.

Tujuan yang akan dicapai selama proses pembelajaran berlangsung.

Target yang akan dicapai oleh seluruh peserta didik atau merupakan target kolektif yang akan dicapai.

Mencerminkan arah yang akan dituju dalam proses pembelajaran. Agar pembelajaran dapat memfalisitasi hal tersebut dengan baik , maka arah pembelajaran mengacu pada indicator pencapaian , kompetensi , dijadikan sebagai acuan arah proses pembelajaran.

Menuliskan materi ajar

Tuliskan fakta , konsep , prinsip dan prosedur yang relevan , dan ditulis dalam bentuk butur -- butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompentensi .

Hdh

Jkd

Kdnkd

    Menuliskan metode dan pendekatan pembelajaran

Tuliskan semua metode yang akan di gunakan selama proses belajara mengajar berlangsung, yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik.

   Menuliskan langkah -- langkah kegiatan pembelajaran

Tuliskan langkah -- langkah pembelajaran yang anda rencanakan sesuai pendekatan , metode dan media yang anda gunakan. Berikut contoh langkah -- langkah pembelajaran dalam satu pertemuan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun