Mohon tunggu...
Sari Devi
Sari Devi Mohon Tunggu...

Mahasiswa ATVI 2016

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Lucu, Unik, Cerdas dan Romantis? Berang-berang Jawabannya

29 Desember 2016   04:22 Diperbarui: 29 Desember 2016   04:35 230 0 0 Mohon Tunggu...

Manusia lucu, unik, cerdas dan romantis? ahh sudah biasa.. hewan satu ini tidak mau kalah dengan manusia, bukan manusia saja yang bisa romantis hehe

Hewan ini bernama "Berang-berang", mamalia laut yang berada dipantai Utara Samudera Pasifik dan merupakan anggota terbesar dari keluarga musang. Hewan ini adalah salah satu hewan yang tergolong dalam kategori hewansemi-aquatic, yang berarti mampu bertahan hidup di air dan di darat. Makanan berang-berang adalah ikan dan hewan invertebrata (seperti: serangga,ubur-ubur, hydra, cumi-cumi, dan cacing).

Berang-berang tidur berkelompok dengan posisi terlentang sambil mengapung, dengan melihat cara berang-berang tidur seperti itu mungkin terlihat nyaman, tetapi ternyata berang-berang laut harus memastikan mereka tidak hanyut. Nah, agar berang-berang tidak hanyut saat tidur, mereka menyelimuti diri dengan ganggang laut. Uniknya, pada saat berang-berang tidur mereka akan saling bergandeng tangan. Tujuan dari bergandeng tangan ini adalah agar satu sama lain tidak terbawa arus laut sewaktu tidur sehingga tidak terpencar dilautan. Jadi intinya, binatang ini tidak ingin terpisah satu sama lain, howsweet!

Bukan lucu, unik dan romantis saja yang dimiliki berang-berang, ternyata berang-berang tergolong hewan yang cerdas lho, kenapa bisa dikatakan seperti itu? karena berang-berang bisa membuat rumah sendiri. Yup,Lodges adalah sebutan untuk rumah berang-berang dimana bahan pembuatannya berasal dari cabang-cabang pohon serta lumpur. Lodges dibangun pada perairan yang terbuka agar dapat terlindung dari serangan predator dan pintu masuk dari rumah berang-berang ini terletak pada bagian dalam air. Hewan cerdas ini juga ahli memilih pohon untuk kebutuhan hidupnya. Pohon yang berusia 'tua' dan besar akan dijadikan bahan dasar membangun lodges (rumah berang-berang). Sedangkan pohon yang berusia 'sedang' akan digunakan sebagai bahan makanan. Makhluk menggemaskan ini juga pandai memanipulasi. Dia akan membuat lodges seperti tak berpenghuni untuk mengecoh hewan lain.

Ada 4 spesies Berang-berang yang dapat dijumpai di Indonesia,yaitu Berang-berang Cakar Kecil atau Aonyx cinerea, Berang-berang Utara atauLutra lutra, Berang-berang Hidung Berbulu atau Lutra Sumatrana, danBerang-berang Bulu Licin atau Lutrogale perspicillata.

Berdasarkan info yang beredar, berang-berang laut saat ini terancam punah. Penyebabnya belum diketahui, namun infeksi penyakit dan serangan parasit, seperti bakteri dan jamur menjadi beberapa faktor penyebab kematian berang-berang.

Nah guys, ada suatu hal yang bisa diambil dari gaya hidup berang-berang lho. Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendirian atau pasti membutuhkan orang lain, maka dari itu mari kita belajar sepeti gaya hidup berang-berang yang hidup bersama, saling peduli dan yang paling penting tidak egois. Salam berang-berang hehe...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x