Mohon tunggu...
Sardo Sinaga
Sardo Sinaga Mohon Tunggu... Freelancer - Bataknese

Pecinta Sejarah dan Ilmu Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Kemajuan Teknologi yang Memudahkan Sekaligus Berbahaya

12 September 2021   12:15 Diperbarui: 12 September 2021   12:17 127 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemajuan Teknologi yang Memudahkan Sekaligus Berbahaya
Photo by Drew Williams from Pexels

Berkat teknologi, peradaban manusia bisa tercipta. Baik di desa ataupun di kota, muda dan tua, manusia tidak bisa lepas dari teknologi. 

Tidak terkecuali penulis. Bagi seorang penulis, teknologi merupakan sebuah kebutuhan dalam menciptakan sebuah karya atau mencari uang. Ada yang menulis artikel Kompasiana memakai laptop/pc. Ada juga yang menulis artikel seperti saya dengan memakai HP. 

Sejatinya, teknologi merupakan sebuah alat bantu manusia untuk melakukan segala jenis kegiatan. Banyak manfaat yang bisa kita lakukan karena teknologi. 

Pada zaman awal-awal manusia tercipta di bumi, alat-alat seperti kapak, tombak dan sebagainya digunakan untuk beburu dan mempertahankan diri. Penggunaan teknologi ini masih sangat sederhana. Hal ini manusia saat itu masih bersifat nomaden. 

Teknologi modern sendiri berawal dari Revolusi Industri diperiode 1750-1850. Revolusi Industri diawali oleh penemu mesin uap yang diciptakan oleh James Watt. Munculnya mesin uap sebagai awal pesatnya teknologi berkembang. 

Photo by Anamul Rezwan from Pexels
Photo by Anamul Rezwan from Pexels

Penemuan-penemuan besar seperti mobil, pesawat terbang, komputer,dan sebagainya merupakan sebagian kecil dari mahakarya teknologi. Kita bisa beruntung bisa menikmati teknologi modern disaat teknologi sangat begitu canggih. 

Dari zaman batu sampai zaman modern, manusia sangat terbantu oleh teknologi. Banyak peradaban bisa tercipta karena bantuan teknologi. Kita mampu memindahkan orang dari titik A ketitik B. Ada orang yang menulis A sampai B. 

Selain dipakai untuk transportasi dan juga pembangunan, kekuatan medis dan kesehatan semakin pesat. Dulu saat seseorang terkena penyakit, kita meyakini ia sedang mendapatkan kesialan dan melakukan ritual tertentu untuk buang sial. Namun sekarang kita tinggal pergi ke rumah sakit atau menyembuhkan sendiri lewat informasi dari internet. 

Pendidikan juga sangat berkembang sangat pesat. Informasi sangat mudah dicari jika kita kesulitan dalam sebuah pelajaran. Ditambah saat ini sekolah-sekolah banyak yang melakukan kegiatan pembelajaran lewat daring. Teknologi semakin membuat kita dimanjakan dalam melakukan sesuatu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan