Mohon tunggu...
Sarah Silvia
Sarah Silvia Mohon Tunggu... A writer, marketer, and a friend.

Have so many thoughts on mind and love to read stuffs, therefore I also love to write and hope I could inspire people through writings. Movie, food, marketing and travel enthusiast. Catch me on Instagram @sarahsilvias, Twitter @sarahsilvia, or listen to Podcast Pasaran on Spotify and others.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Work From Home, Blessing in Disguise bagi Pekerja?

23 Maret 2020   13:39 Diperbarui: 23 Maret 2020   19:30 188 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Work From Home, Blessing in Disguise bagi Pekerja?
Ilustrasi bekerja dari rumah (Sumber: www.moneycrashers.com)

Pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Coronavirus, memberikan gelombang dampak yang besar bagi seluruh aspek kehidupan di berbagai belahan negara. 

Atas hal ini, berbagai negara membuat kebijakan, mulai dari anjuran untuk karantina di rumah masing-masing, hingga memberlakukan lockdown negara bagi yang sudah terkena dampak virus yang fatal. 

Lockdown diberlakukan di beberapa negara seperti China, Italia, hingga yang terbaru adalah Malaysia, negeri tetangga kita. Bagaimana dengan Indonesia? 

Indonesia nampaknya belum ada tanda-tanda akan melakukan lockdown negara, meskipun fatality rate atau persentase kematian penderita Corona di Indonesia sudah mencapai angka 9,3% pada 22 Maret 2020, angka fatality rate tertinggi di dunia. 

Meskipun belum ada gerakan untuk lockdown negara, pemerintah DKI Jakarta pada 20 Maret 2020, dalam surat pernyataan Gubernur DKI Jakarta nomor 6 tahun 2020 memberlakukan penghentian sementara kegiatan perkantoran dan menghimbau sebanyak mungkin karyawan di Jakarta untuk dapat bekerja dari rumah, sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Coronavirus. Sebagian besar perusahaan pun memberlakukan kegiatan bekerja dari rumah, atau yang lebih familiar dengan sebutan work from home (WFH). Saya sendiri sudah mulai menjalani WFH sejak Senin, 16 Maret 2020 lalu. 

Terhitung satu minggu dalam menjalani WFH, saya yang sebagian besar tugas utamanya di kantor adalah menulis, merasakan beberapa hal yang ternyata cukup menguntungkan selama dalam masa karantina diri atau self-quarantine ini. 

Pertama, saya merasa jauh lebih produktif, baik dalam membuat tulisan yang related untuk pekerjaan, maupun dalam membuat tulisan pribadi. Ya, artikel ini salah satunya. 

Kedua, menulis (dan bekerja) dari rumah bagi saya pribadi rasanya sangat menyenangkan karena minimnya distraksi. Tidak ada panggilan meeting dadakan, tidak ada distraksi obrolan orang di sekitar, atau distraksi musik yang seharusnya bisa didengarkan dengan perangkat earphone masing-masing, instead of speaker (yes, that happened sometimes). 

KetigaWFH juga membuat saya dapat mengeksplor hal lain di luar pekerjaan, karena ada waktu luang yang selama ini mungkin habis untuk perjalanan pergi dan pulang, tapi sekarang kita punya waktu ekstra sekitar 3 jam lebih untuk mengerjakan hal lain seperti memasak. 

Ya, buat saya yang jarang (mencoba) untuk berkarya melalui panci dan spatula, masak biasanya jadi aktivitas yang hampir tidak pernah dilakukan pada hari-hari normal. Tapi dengan adanya banyak waktu, thanks to WFH, saya merasa cukup punya banyak waktu untuk mencoba beberapa masakan yang resepnya mudah dipahami dari video 60 detik di platform Instagram

Percaya atau tidak, inspirasi dan mood untuk mengerjakan tulisan juga terbangun setelah melakukan kegiatan memasak, mungkin karena mood menjadi lebih relax pasca memasak sehingga membawa aura positif juga dalam bekerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN