Mohon tunggu...
Sarah Tsaqqofa
Sarah Tsaqqofa Mohon Tunggu...

I am Food Scientist, Market Researcher, Point Guard (basket ball), supporter (badminton), love writing and Reading =)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Conversation Exchange

20 Februari 2014   16:45 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:38 45 0 0 Mohon Tunggu...




Assalamu’alaikum!



Ada beberapa pertanyaan melayang ke saya bagaimana latihan conversation bahasa Inggris yang oke..






Ada beberapa cara yang udah pernah saya coba sih, lets cekidot!






1. Ikut kursus conversation class-> ini udah pernah saya coba waktu tingkat dua. Lumayan kena sih meski pengajarnya bukan native.. Cuma emang yang namanya bahasa, kalo nggak dipake sehari-hari pasti bakal kaku lagi jadinya.. So, ikut kursus bisa jadi salah satu alternative. Banyak juga teman2 saya yang ikut perkampungan Inggris. Nah, kalo yang ini juga udah terkenal banget meski nggak jamin juga kamu bakal cas cis cus bahasa Inggris. Tapi boleh banget kok, namanya kan juga usaha :)






2.Ikut komunitas berbahasa Inggris-> Nah, kalo ini dulu waktu masih unyu2 alias masih jadi mahasiswa kadang2 saya dateng acara ICC (IAAS Conversation Club) tiap rabu sore. Setelah bekerja, saya juga beberapa kali pernah datang pertemuan Toastmasters (semacam komunitas pidato berbahasa Inggris yang dulu pernah saya tuliskan) meski akhirnya nggak jadi join karena waktu yg nggak match






3.      Punya pacar bule-> ini tips dari temen saya hahaha..kalo pacar bule, pasti komunikasinya bahasa Inggris, right? nggak musti pacar sih, temen juga oke.. Cuma kadang mereka suka sibuk jadi nggak enak ganggunya :| hehehe






4.      Temukan Conversation-Pal kamu! Nah.. ini metode harus berani maju dari saya! Waktu saya mau ambil IELTS test, saya sempet bingung mau latian conversation sama siapa.. Mau sama temen2 saya yang jago bahasa Inggris, saya malu mau bilang.. karena mereka sibuk dan malu juga kalo salah hehe.. Akhirnya saya inget kalo temen Jepang saya pernah merekomendasikan Website www.conversationexchange.com waktu mereka pengen cari temen buat belajar bahasa Indonesia.





Akhirnya saya kepikiran buat daftar di web itu, berani ambil resiko dan cari conversation-pal saya!





Ohya FYI, conversationexchange.com ini semacam web buat mereka2 yg mau belajar bahasa dari para nativenya. Misalnya ada bule spanyol mau belajar bahasa Indo dan kita mau belajar bahasa spanyol, bisalah kita tukeran email dan kontek2an via skype or meet up (In case dia juga di tempat yg sama dengan kita). Web exchange ini ada banyak kok, coba search aja di mbah google yah =)





Setelah register, saya cari list orang2 native English speaker dengan aksen british yang mau belajar bahasa Indonesia. Daaaaan… dapetlah conv-pal yang sekarang jadi sahabat saya! Hehehe.. Sebut saja namanya Hamzah Khan, dia sebenernya permanent resident di UK dan keturunan India. Alhamdulillah muslim jadi ngobrolnya makin enak hehe..





Nah, Hamzah ini baiiiiik bangeeet.. dia mau banget bantu saya nanya2 materi IELTS speaking test yang kemungkinan akan keluar dan dia juga mengoreksi grammar2 dan pronunciation saya. Ohya, kami komunikasi via skype dulu..(telpon doang, nggak berani saya via web cam juga hahaha)





Eiiitss.. tapi hati2 juga kalo kamu main2 di web ini. Soalnya kadang2 ada orang iseng, memanfaatkan buat nyari jodoh :p.





Pokoknya pilih-pilih aja yang sesuai dengan kamu and nggak semua berjalan mulusss.. ada beberapa yang saya hubungi tapi nggak ada tanggapan/balasan. Ada juga beberapa pal yg saya tolak.


But overall, kalo emang kamu belajar, dimanapun pasti ada jalan.


Jangan Menyerah dan Malu kalo Salah. Jatuh Bangun tuh wajar, namanya juga masih belajar, ya nggak?


Semoga bermanpaat..!


Salam,


Sarah x.x

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x