Mohon tunggu...
Sara MichelleGloria
Sara MichelleGloria Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur: Sosialisasi Digitalisasi kepada UMKM Desa Ngingas

4 Desember 2022   09:19 Diperbarui: 4 Desember 2022   09:24 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Upaya Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur: Sosialisasi Digitalisasi kepada UMKM Desa Ngingas

Pada hari Sabtu, 3 Desember 2022, Mahasiswa dan mahasiswi UPN Veteran Jawa Timur dengan dosen pengampu Drs. Saifuddin Zuhri, M.Si mata kuliah perilaku konsumen melakukan kegiatan sosialisasi kepada UMKM Desa Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya digital dalam membantu menaikkan atau meningkatkan penjualan pada UMKM. Sosialisasi ini mengangkat judul "Pengembangan UMKM di Era Digitalisasi dengan Memanfaatkan Platform Digital".

Kegiatan ini mengundang beberapa UMKM yang ada di Desa Ngingas dengan target audiens yang belum menggunakan sarana digital untuk meningkatkan penjualan mereka. Adapun beberapa materi yang disampaikan oleh mahasiswa sebagai pemateri diantaranya, membahas mengenai Pentingnya digitalisasi dalam pemasaran UMKM, Peralihan perilaku konsumen yang marak platform digital, Jenis-jenis Platform yang menjadi pemasaran UMKM, serta Digitalisasi payment.

Latar belakang Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dalam mengambil materi ini karena di Desa Ngingas terdapat banyak UMKM yang memiliki potensi yang unggul tetapi masih belum paham pentingnya memanfaatkan platform digital dalam melakukan pemasaran di era digital saat ini. 

Kegiatan sosialisasi ini ternyata memberikan insight baru untuk para UMKM karena banyak yang belum mengetahui mengenai memanfaatkan platform digital untuk perkembangan UMKM. 

"Kegiatan ini cukup menambah wawasan saya, bahwa memanfaatkan platform digital sangatlah penting untuk penjualan yang saya lakukan, saya jadi tahu mengenai pentingnya memanfaatkan QRIS untuk pembayaran" ujar Ibu Dewi selaku UMKM.

Mahasiswa dan Mahasiswi yang melakukan sosialisasi ini berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat membagikan ilmu mengenai dunia digital kepada UMKM agar dapat memanfaatkan perkembangan zaman dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun